Inilah Manfaat Buah Mangga yang Pasti Belum Kamu Duga Sebelumnya

perut

Apakah Teman Sehat tau, kalau keseimbangan mikroba, yaitu mikroba baik dan mikroba jahat, dalam usus sangat penting buat menjaga sistem kekebalan tubuh? Kalau punya sistem kekebalan tubuh yang baik, maka bisa mencegah terjadinya masalah kesehatan, terutama dari masalah gut dysbiosis.

Apa itu gut dysbiosis?

Ngga selamanya sistem tubuh mampu menjaga keseimbangan mikroba dalam usus. Kadang, mikroba jahat mengambil alih kendali, sehingga memukul mundur mikroba baik. Saat itulah terjadi ketidakseimbangan mikroba dalam usus kita yang disebut sebagai gut dysbiosis.

Gut dysbiosis adalah indikator terjadinya obesitas yang berhubungan dengan penyakit komplikasi, seperti penyakit diabetes tipe 2 loh. Selain itu, gut dysbiosis juga menjadi indikator terjadinya peradangan pada usus, atau penyakit inflammatory bowel syndrome.

Teman Sehat tau ngga, apa penyebab terjadinya gut dysbiosis?

Salah satu penyebab dari gut dysbiosis adalah asupan yang tinggi lemak. Nah loh, siapa yang sering mengonsumsi makanan tinggi lemak? Hati-hati ya!

Asupan tinggi lemak bisa memicu terjadinya gut dysbiosis. Keadaan ini bisa mengurangi jumlah mikroba baik, seperti Bifidobacteria, Akkermansia, dan spesies penghasil asam lemak rantai pendek, seperti Roseburia spp. Selain menyebabkan gut dysbiosis, diet tinggi lemak juga dapat memicu terjadinya peradangan pada usus.

Baca di sini makanan apa saja yang tinggi lemak.

Nah, terus gimana cara mencegah terjadinya gut dysbiosis?

Kamu suka mengonsumsi buah mangga?

manfaat buah mangga

Selamat ya, buatmu yang suka mengonsumsi buah mangga! Kenapa?

Perlu Teman Sehat ketahui bahwa ternyata salah manfaat buah mangga adalah mampu mencegah terjadinya gut dysbiosis akibat asupan tinggi lemak loh.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap tikus untuk melihat efek dari buah mangga yang dikombinasikan dengan asupan tinggi lemak terhadap mikroba dalam usus. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa asupan tinggi lemak yang dikombinasikan dengan mangga mampu meningkatkan mikroba baik dalam usus dan meningkatkan produksi asam lemak baik.

Meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus, tetapi untuk manfaatnya bisa dicoba kepada manusia. Apalagi banyak penelitian terkini yang menjelaskan manfaat konsumsi buah-buahan terhadap kesehatan manusia.

Apa sih senyawa dalam buah mangga yang mampu mencegah terjadinya gut dysbiosis?

Kandungan serat dalam buah mangga berperan dalam mencegah terjadinya gut dysbiosis. Buah mangga memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam 100 gram buah mangga mengandung sekitar 1,3 – 3,8 gram serat.

Serat merupakan bagian dari karbohidrat yang ngga bisa dicerna. Karbohidrat jenis ini menjadi makanan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan mikroba baik dalam usus. 

Meskipun buah mangga terbukti mampu mencegah gut dysbiosis akibat asupan tinggi lemak, tapi tetap ngga disarankan buat mengkonsumsi makanan tinggi lemak, apalagi jika terlalu sering. Oke, Teman Sehat? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *