Jagung Putih, Kekayaan Indonesia yang Jarang Orang Ketahui

Halo Teman Sehat! Buat kamu pecinta jagung dan makanan olahannya, udah tau belum ternyata jagung itu warnanya ngga cuma kuning aja loh! Ada juga jagung yang warnanya putih. Kok bisa ya jagung warna putih? Terus jagung putih itu tumbuh di mana sih? Yuk kita bahas di sini!

Jagung berwarna putih, kok bisa?

Teman Sehat, ternyata penyebab jagung ini berwarna putih karena ngga adanya karoten, salah satu jenis pigmen alami yang menyebabkan warna kuning. Terdiri atas beberapa jenis, jagung putih punya keunggulannya masing-masing. Jagung putih jenis Srikandi 1 memiliki kandungan asam amino esensial lisin dan triptofan yang tinggi. Selain itu, ada jenis Anoman 1 yang memiliki tekstur agak pulen, sehingga biasanya dijadikan campuran nasi dan digiling menjadi tepung. Hampir sama dengan Anoman 1, jenis Pulut juga memiliki tekstur yang pulen dan rasa yang gurih, sehingga lebih banyak disukai oleh masyarakat.

Di mana jagung jenis ini biasa ditemukan?

Sumber : resepibu.blogspot.co.id

Ternyata jagung jenis ini telah banyak ditanam di Indonesia, khususnya Indonesia timur. Di Nusa Tenggara Timur, jagung putih banyak ditemukan di Pulau Timor, Sumba, dan Flores. Sedangkan di Nusa Tenggara Barat,  jagung jenis ini banyak ditanam di Sandubaya, Lombok Timur, dan Bima. Jagung jenis ini juga ditemukan di Sulawesi Selatan, Sulawesi tengah, Gorontalo dan Jawa (Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, dan Temanggung).

Di Indonesia bagian timur, jagung ini dikonsumsi sebagai makanan pokok. Kalau di daerah Sulawesi dan Jawa, selain dijadikan makanan pokok, jaung ini juga diolah menjadi makanan tradisional seperti nasi empok, bassang, barobbo, binte buluhuta, jalaure, dodol, kue palu, marning, dan sebagainya.

Tepung jagung putih

Kamu pernah lihat tepung jagung putih ngga, Teman Sehat? Nah, iya, memang tepung jagung putih masih sangat jarang digunakan. Hingga saat ini, penggunaan tepung jagung jenis ini hanya terbatas pada makanan tradisional dan makanan pokok, padahal tepungnya bisa dimanfaatkan sebagai pengganti tepung terigu pada produk cake, cookies atau roti.

Kamu pernah cobain jenis jagung ini belum?

Editor & Proofreader: Agatha, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *