Jauhi Snack Merusak Gigi pada Anak dan Temukan Alternatifnya

Halo Teman Sehat! Snack atau camilan memang susah dilepaskan dari keseharian anak-anak. Snack ngga cuma sekedar pengisi perut di antara waktu makan, tapi snack juga jadi pelengkap kebutuhan gizi si kecil. Sayangnya, konsumsi snack terkadang justru berdampak buruk bagi kesehatan seperti menimbulkan kegemukan, alergi, gigi berlubang, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

 

Tahukah Teman Sehat? Ternyata 1 dari 4 orang Indonesia memiliki masalah dengan kesehatan gigi dan mulutnya. Sayangnya, cuma 1 dari 10 yang memperoleh perawatan dari tenaga medis gigi (Riskesdas, 2017)

Nah, apa aja sih jenis snack yang kerap menjadi penyebab masalah gigi pada anak?

1. Permen

Ibarat amplob dan perangko, permen dan anak-anak ialah dua hal yang ngga terpisahkan. Konsumsi gula dalam permen, terutama sukrosa, merupakan faktor utama penyebab terbentuknya plak pada gigi. Selain itu, permen yang di emut dalam waktu yang lama juga membuat suasana di mulut ideal untuk pertumbuhan mikroorganisme. Gimana kalau anak ngga bisa lepas dari permen? Teman Sehat coba deh berikan buah segar atau buah-buahan kering seperti apel atau pir.

2. Coklat

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan sebatang coklat? Coklat termasuk makanan yang sehat dan bisa melepaskan stres karena mengandung zat seperti kafein, theobromin, dan methyl-xanthine. Tapi sayangnya, dalam sebatang coklat susu yang banyak dijual di pasaran, kandungan kalori, lemak, dan gulanya sangat tinggi. Jika si kecil memang sangat menyukai coklat, Teman Sehat bisa memilih dark chocolate atau jenis lainnya dengan kandungan gula yang lebih rendah.

3. Keripik berbumbu

Camilan yang satu ini kerap jadi teman belajar atau nonton si kecil. Fakta menunjukan bahwa makanan sumber zat pati atau tepung yang terperangkap dalam mulut merupakan ladang subur tempat berkembangbiaknya bakteri. Zat tepung bisa menyebabkan suasana asam bagi mulut yang bisa menyebabkan masalah pada gigi setelah 20 menit mengonsumsinya. Bumbunya pun ngga sehat karena tinggi akan natrium dan zat aditif lainnya. So, coba deh cari alternatif keripik singkong atau keripik kentang favorit si kecil!

4. Soda

Makanan apapun sepertinya cocok dipadu-padankan dengan segelas soda dingin. Tapi, kandungan asam dan gula dalam soda berpotensi menyebabkan suasana asam pada mulut dan menyebabkan karies gigi. Dibanding memberi segelas soda, coba deh Teman Sehat ganti dengan segelas jus buah dan sayuran segar!

5. Susu aneka rasa

Susu memang minuman ‘ajaib’ yang berperan penting dalam tumbuh-kembang si kecil. Tapi, apakah anak lebih suka susu beraneka rasa seperti coklat, stroberi, atau buah lainnya? Jika ya, Teman Sehat harus mulai memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya. Susu beraneka rasa tersebut biasanya ditambahkan gula dan zat aditif lainnya yang bisa merusak gigi, terlebih jika anak minum susu tersebut tepat sebelum tidur dan tanpa menyikat gigi.

Nah, itulah beberapa jenis snack favorit anak yang butuh perhatian khusus dalam mengonsumsinya. Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut si kecil dimulai dari pilihan diet yang tepat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *