Jenis Keju Apa yang Paling Cocok Buat Kamu? Cek Di Sini!

Halo Teman Sehat! Kamu tau kan kalau keju cocok disandingkan dengan banyak makanan. Yap, selain rasanya yang enak, keju juga mengandung protein yang tinggi, kalsium, fosfor, dan vitamin A loh. Ada banyak jenis keju di dunia ini. Nah, dari sekian banyak keju yang ada, jenis keju apa yang paling cocok buat kamu, Teman Sehat? Yuk, simak di sini!

National Dairy Council mengungkapkan kalau keju mengandung protein tinggi yang baik buat kesehatan tubuh. Keju berdasarkan bahan pembuatannya dibedakan jadi dua yakni keju natural (natural cheese) dan keju olahan (processed cheese). Keju natural dibuat dari susu, garam, starter, dan sebuah enzim yang dinamakan rennet sedangkan keju olahan dibuat dari keju natural olahan berkualitas tinggi. Keju olahan mengalami modifikasi sampai tercipta rasa, aroma dan tekstur yang diinginkan oleh pembuatnya.

Tapi, bagaimana tentang lemak dan natriumnya?

Teman Sehat, enaknya keju ngga lepas dari lemak dan natrium sebagai bahan dasarnya. Lalu, apakah keju aman buat dikonsumsi? Yap, American Journal of Nutrition pernah menyatakan kalau pola konsumsi keju orang Amerika umumnya hanya memenuhi sekitar 9 persen dari total kecukupan lemak sedangkan untuk natrium, pola konsumsi keju orang Amerika menyumbang sekitar 8 persen.

Sejumlah 92 persen natrium dipenuhi dari makanan lain seperti produk gandum, daging, ikan, poultry, sayuran dan produk dairy lain. Jadi, kalau kamu makan keju secara wajar dan diimbangi dengan konsumsi sumber pangan lain, kamu ngga berisiko terkena gangguan kesehatan, Teman Sehat!

Lalu, jenis keju apa yang paling cocok buat kamu?

Buat kamu yang mau membatasi asupan natrium

Yap, asupan natrium berhubungan dengan risiko hipertensi (tekanan darah tinggi), Teman Sehat. Tubuh yang mengalami hipertensi bisa berisiko mengalami gangguan jantung atau ginjal. Nah, buat kamu yang mau membatasi asupan natrium supaya ngga terkena gangguan organ, kamu bisa pilih keju dengan kadar natrium yang lebih rendah Teman Sehat, seperti keju part-skim mozzarella, ricotta, parmesan dan keju cheddar.

Buat kamu yang mau membatasi asupan lemak

Keju ricotta (non-skim) mengandung lemak yang cenderung rendah, Teman Sehat!

Buat kamu yang mau meningkatkan asupan kalsium dan protein

Keju swiss, cottage, ricotta, mozzarella, keju cheddar bisa bantu penuhi asupan kalsium dan protein kamu juga.

Nah, kita juga punya tips buat pilih keju yang lebih rendah lemak dan natriumnya loh. Pada umumnya, keju yang lebih lembut dan punya daya simpan yang cepat atau ngga tahan lama cenderung mengandung lemak dan natrium yang rendah, Teman Sehat!

Jadi, sekarang kamu udah tau kan keju yang mana yang cocok buat kamu? Imbangi juga konsumsi keju dengan buah dan sayur serta biasakan olahraga juga supaya kamu ngga berisiko kegemukan, Teman Sehat! Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *