Kamu Ngga Akan Melewatkan Sarapan Setelah Baca 3 Manfaat Sarapan Ini

manfaat sarapan

Halo Teman Sehat! Setiap tangga 14-20 Februari, kita merayakan Pekan Sarapan Nasional loh. Tapi, ngomong-ngomong, kamu udah tau kan manfaat sarapan buat tubuh itu banyak banget? Nah, kamu udah sarapan kan hari ini?

Sarapan adalah makan terpenting sepanjang hari. Tapi, banyak orang yang masih suka melewatkan sarapan. Apakah kamu termasuk salah satunya? Semoga ngga, ya, Teman Sehat!

Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat sarapan buat kesehatan. Nah, coba simak 3 hasil penelitian ini, supaya kamu makin yakin buat sarapan setiap hari.

1. Sarapan bisa nurunin berat badan?

lose-weight

Banyak orang yang menganggap dengan ngga sarapan, maka berat badan akan turun. Padahal, itu salah loh, Teman Sehat! Ketika melewatkan sarapan, kadar gula darah akan menurun, sehingga tubuh terasa lemas dan ngga bertenaga. Hasilnya, kamu akan memakan selingan di pagi hari, yang biasanya tinggi lemak dan gula, atau kalau kamu ngga makan selingan, kamu akan makan siang atau malam dengan porsi yang lebih banyak. Studi menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan akan menggantinya dengan makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak, plus rendah sayur dan buah. Tapi, kalau kamu sarapan, kamu akan merasa kenyang dan metabolisme tubuh kamu bekerja dengan lebih baik, sehingga mengurangi kecenderungan buat makan berlebihan dalam sehari.

2. Sarapan bisa meningkatkan asupan zat gizi harian?

women-preparing-lunch_1098-851

Sarapan menyediakan zat gizi yang penting banget buat kebutuhan gizimu dalam satu hari. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang ngga sarapan, punya asupan vitamin dan mineral yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang sarapan rutin. Orang yang sarapan punya asupan energi sehari yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang ngga sarapan. Ternyata, asupan serat lebih banyak pada mereka yang sarapan, dibandingkan dengan mereka yang ngga sarapan. Nah, terbukti kan? Asupan zat gizi kamu akan lebih baik kalau kamu sarapan.

3. Sarapan beneran membantu fungsi otak?

kreatif-enterpreneur

Udah banyak banget penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan bisa meningkatkan fungsi kognitif, alias kemampuan berpikir. Sarapan adalah satu-satunya makanan yang bisa menanggulangi kondisi puasa setelah tidur semalaman. Nah, asupan zat gizi ini penting banget buat fungsi otak. Udah banyak banget penelitian yang menunjukkan rendahnya konsentrasi belajar siswa kalau ngga sarapan, sehingga prestasi belajarnya jadi kurang. Selain bermanfaat buat kognitif, sarapan juga ngaruh banget ke fungsi otak lainnya, yaitu pengaturan emosional dan mood. Nah, kamu suka ngerasa ngga sih, kalau ngga sarapan tuh rasanya senggol bacok? Kesel terus? Itulah kenapa kamu harus sarapan, Teman Sehat!

“Never work before breakfast; if you have to work before breakfast, eat your breakfast first” – Josh Billings

Yuk, ikutan challenge ini buat ngerayain Pekan Sarapan Nasional 2017! Jangan lupa sarapan ya, Teman Sehat! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *