Kamu Wajib Tau 6 Manfaat Kesemek Ini!

Halo Teman Sehat! Pernahkah kamu mencoba buah kesemek?

Yap, rasanya manis dan lezat kan?

Sebenernya, buah kesemek adalah buah yang ngehits di dataran Cina. Sejak beberapa ratus tahun yang lalu, buah kesemek tersebar di seluruh dunia. Setelah tersebar luas, buah ini dikenal memiliki beberapa jenis, yaitu Japanese Persimmon (kesemek jepang), American Persimmon (kesemek amerika), Black Persimmon (kesemek hitam), the Date-Plum Tree and the Indian Persimmon (kesemek indian).

manfaat kesemek

Buah yang memiliki zat tepung di bagian kulitnya ini bisa dimakan langsung, dikeringkan, ataupun dimasak. Ya, emang rasa dari setiap olahan kesemek ini juga berbeda ya Teman Sehat.

Buah kesemek yang matang akan berwarna oranye cerah dan empuk di seluruh bagiannya ketika ditekan. Bukan cuma enak, kesemek juga kaya akan zat gizi loh. Yuk, cek 6 manfaat kesemek ini!

1. Melawan radikal bebas

Taukah kamu? Secara alamiah, tubuh pasti menghasilkan radikal bebas yang bisa menyebabkan sel sehat menjadi sel jahat yang bisa jadi sel kanker. Selain dihasilkan secara almiah oleh tubuh, polusi dan banyak hal di lingkungan kita juga bisa menyebabkan radikal bebas. Nah, kamu ngga mau kan sel dalam tubuhmu jadi rusak? Vitamin A, vitamin C, dan polifenol yang terkandung dalam kesemek bisa jadi solusi nih buat kamu untuk menangkal radikal bebas!

2. Meningkatkan sistem imun

Nah, berkaitan juga dengan antioksidan yang dikandungnya, buah kesemek juga bisa mendukung kerja sistem imun kamu loh. Kerja ini juga dibantu oleh vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun dan meningkatkan produksi sel darah putih. Dengan ini, tubuh kamu akan semakin tahan sama serangan mikroba, virus, jamur, atau penyebab sakit lainnya.

3. Mendukung sistem pencernaan

Yap seperti buah lainnya, buah kesemek juga merupakan sumber serat. Satu porsi buah kesemek telah mencukupi 20% kebutuhan serat dalam sehari.

4. Mendukung kesehatan mata

Selain vitamin A, buah kesemek juga mengandung zeaxanthin yang termasuk anggota vitamin B kompleks yang berperan dalam perbaikan kesehatan mata.

5. Menurunkan tekanan darah

blood-pressure-1006791_640

Si oranye ini mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan baik pada penderita hipertensi alias tekanan darah tinggi. Kamu tau kan kalo hipetensi sering juga disebut sebagai silent killer?

6. Mendukung aktivitas metabolisme

Ternyata, buah kesemek juga mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B6, asam folat, dan tiamin yang bisa mendukung proses normal metabolisme sebagaimana mestinya.

So, buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas kesehatanmu, yuk rajin-rajin makan buah. Ajak orang-orang yang kamu sayangi untuk menerapkan pola hidup sehat supaya kita sama-sama sehat! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *