Kejadian Luar Biasa (KLB) yang Pernah Melanda Indonesia

Halo Teman Sehat! Pernah ngga sih kalian mendengar adanya KLB? Kejadian luar biasa merupakan salah satu status yang diterapkan di Indonesia untuk mengklasifikasikan peristiwa merebaknya suatu wabah penyakit. Dari dulu hingga sekarang wabah penyakit silih berganti menyerang masyarakat dan ngga jarang menyebabkan KLB. Teman Sehat pasti udah mendengar tentang wabah difteri yang kini menjadi KLB dibeberapa wilayah Indonesia.

Kapan suatu penyakit dinyatakan KLB?

Nah, ternyata buat masuk ke status KLB, suatu penyakit harus memenuhi kriteria tertentu loh Teman Sehat! Menurut Menteri Kesehatan No.1501 tahun 2010, suatu daerah dapat ditetapkan KLB bila memenuhi salah satu dari beberapa kriteria berikut:

  • Timbulnya suatu penyakit menular tertentu yang sebelumnya tidak ada atau tidak dikenal di daerah tersebut
  • Jumlah penderita baru dalam periode waktu 1 bulan menunjukan kenaikan 2 kali lipat atau lebih dibandingkan dengan angka rata-rata per bulan di tahun sebelumnya
  • Angka kematian kasus suatu penyakit dalam 1 kurun waktu menunjukan kenaikan 50% atau lebih dibandingkan dengan periode sebelumnya
  • Peningkatak kejadian penyakit/kematian terus-menerus selama 3 kurun waktu berturut-turut menurut jenis penyakitnya

Apa aja jenis penyakit menular yang bisa menjadi KLB?

Masih dalam Peraturan Menteri Kesehatan yang sama, ternyata ada berbagai jenis penyakit menular yang berpotensi menyebabkan wabah. Penyakit-penyakit tersebut adalah kolera, pes, demam berdarah dangue, campak, polio, difteri, pertusis, rabies, malaria, avian influenza H5N1, antraks, leptospirosis, hepatitis, influenza A H1N1, meningitis, yellow fever, chikungunya. Tapi ngga menutup kemungkinan untuk penyakit-penyakit lainnya karena kuman semakin canggih dan mampu berevolusi.

KLB yang pernah melanda Indonesia

Indonesia pernah berjuang menghadapi berbagai KLB loh Teman Sehat! Ngga tanggung-tanggung, KLB tersebut memakan banyak jiwa dan menimbulkan dampak yang besar dalam masyarakat. Apa sajakah? Berikut beberapa KLB yang pernah melanda Indonesia.

  • KLB DBD: penyakit musiman yang satu ini pernah menjadi KLB hampir di seluruh wilayah Indonesia pada berbagai kurun waktu. Terdapat 134 kasus tahun 1999, 45.904 kasus tahun 2001, 50.131 kasus tahun 2003 dengan jumlah kematian 743 orang. Penyakit ini pun memiliki kecenderungan meningkat setiap tahunnya, terlebih terkait musim yang sulit diprediksi.
  • KLB flu burung: pada tahun 2003 untuk pertama kalinya virus flu burung (H5N1) dideteksi pada hewan ternak di Indonesia, dua tahun berselang virus ini menginfeksi manusia. Sejak saat itu, Indonesia merupakan negara dengan jumlah kasus flu burung pada manusia tertinggi. KLB flu burung pun ngga bisa dielakkan dan menimpa berbagai wilayah di Indonesia.
  • KLB flu babi: setelah kemunculan virus flu burung, Indonesia digegerkan dengan virus baru yaitu H1N1. Pada tahun 2009, Depkes menyatakan bahwa terdapat 239 orang terinfeksi virus ini. Penyebaran virus ini sangat cepat, meskipun demikian angka kematiannya sangat rendah yaitu 0.4%.
  • Difteri: wabah difteri telah ditanggulangi pada tahun 1990. Namun, penyakit akibat infeksi ini muncul kembali di Jawa Timur pada 2009. Saat ini, difteri sedang menjadi perbincangan hangat karena hampir mewabah di seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat, Prov. Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat akan mulai melaksanakan ORI (Outbreak Response Immunization) sebagai respon cepat untuk menanggulangi kasus difteri di Indonesia.

kejadian luar biasa yang melanda indonesia

Nah, itulah seputar KLB yang ada di Indonesia. Yuk, jaga kesehatan diri kita dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menerapkan diet seimbang!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *