Kenapa Buka Puasa dengan Kurma?

Bagi Teman Sehat yang menjalankan ibadah puasa, pastinya udah tau kan kalau ada anjuran untuk buka puasa dengan kurma? Kurma adalah salah satu jenis buah khas di daerah Timur Tengah sejak ribuan tahun yang lalu dan telah terkenal secara luas akan rasa manis dan kandungan gizi di dalamnya. Nah ini nih beberapa keuntungan kalau kita buka puasa pakai kurma, Teman Sehat!

buka puasa pakai kurma

1. Cepat menormalkan gula darah

Setelah berpuasa seharian, pasti kadar gula darah dalam tubuh kita menjadi rendah. Nah, berbuka dengan kurma yang kaya akan gula sederhana seperti fruktosa dan glukosa bisa menormalkan kadar gula darah yang rendah dengan cepat loh Teman Sehat, sehingga bisa meningkatkan energi dan bikin kita ngga lemes lagi.

2. Baik untuk pencernaan

Tingginya kandungan serat larut air pada kurma ternyata bisa meningkatkan kesehatan pencernaan kita loh, serat larut ini bisa jadi makanan buat bakteri-bakteri baik dalam usus kita. Bakteri baik ini akan berperan penting dalam keseluruhan proses pencernaan.

3. Kaya akan vitamin dan mineral

Kurma ini bisa dibilang buah super, kenapa? Karena kurma ini kaya akan vitamin A, K dan B6. Ngga cuma itu aja, kurma juga kaya akan asam folat yang baik buat ibu hamil dan menyusui, kalsium dan magnesium buat tulang dan gigi kita, dan zat besi buat produksi sel darah merah. Gils, super banget kan?

4. Menjaga jantung tetap sehat

Kurma ini juga mengandung potasium atau kalium yang merupakan mineral kunci untuk menjaga jantung tetap sehat. Potasium ini membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah sehingga berperan dalam mencegah penyakit jantung koroner.

Gimana Teman Sehat, udah tau kan berbagai manfaat dari kurma ini? Jadi kamu ngga perlu lagi ragu buat buka puasa dengan kurma ya? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *