Kenapa Tubuh Kita Harus Punya Asam Folat yang Cukup? Ini Jawabannya!

Halo Teman Sehat! Vitamin larut air ini banyak dibicarakan terkait manfaatnya bagi tubuh apalagi di kalangan ibu hamil dan ibu menyusui. Lalu, kenapa ya tubuh kamu harus punya asam folat yang cukup? Yuk, simak!

Teman Sehat, keistimewaan asam folat memang udah ngga perlu dipertanyakan lagi. Manfaat kesehatan dari cukupnya asam folat bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber pangan. Secara alami, asam folat banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Laki-laki, anak-anak, dan perempuan harus mencukupi kebutuhan asam folat dalam dietnya. Kenapa? Ya, karena beberapa hal ini hanya bisa kamu rasakan ketika asam folat dalam tubuhmu cukup, Teman Sehat!

Asam folat dan pembentukan sel darah merah

Taukah kamu Teman Sehat kalau asam folat dibutuhkan buat pembentukan sel darah merah? Yap, hal ini berkaitan juga dengan peran asam folat dalam pembentukan DNA dan proses replikasi sel yang sempurna. Jadi, apabila kita kekurangan asam folat maka anemia dan kelelahan cenderung bisa terjadi akibat ngga cukup tersedianya sel darah merah yang berfungsi sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh.

Asam folat dan kehamilan

Selama 12-14 minggu kehamilan, perkembangan sel saraf dan tulang belakang fetus terjadi begitu cepat yakni 15 juta sel saraf per jam nya, Teman Sehat! Tapi, kalau asam folat ngga bisa terpenuhi di masa krusial ini, maka pembentukan tabung saraf janin cenderung mengalami gangguan atau biasa disebut  dengan neural tube defect.

Begitu urgennya asam folat selama kehamilan, maka ibu hamil dianjurkan buat mengonsumsi suplemen asam folat sekitar 400 mikrogram setiap harinya, Teman Sehat! Selain itu, konsumsi pangan tinggi asam folat juga penting ya.

Asam folat dan penyakit jantung

Ternyata, asam folat yang cukup bisa bantu kita menurunkan kadar homosistein. Apa sih homosistein itu? Yap, homosistein adalah asam amino di dalam darah yang dapat mengiritasi pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, Teman Sehat! Jadi, kalau asam folat dalam tubuh ngga tercukupi, kadar homosistein bisa cenderung meningkat dan bisa mengiritasi pembuluh darah serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

Lalu berapa jumlah asam folat yang dianjurkan per harinya?

Yap, British Dietitians Association memberikan rekomendasi tentang jumlah asam folat yang baik diasup per harinya. Bagi dewasa dan anak-anak lebih dari 11 tahun dianjurkan mengasup sejumlah 200 mikrogram/hari, ibu hamil di 12 minggu pertama dianjurkan mengasup 300 mikrogram/hari ditambah sekitar 400 mikrogram/hari dari suplemen sedangkan bagi ibu menyusui, mereka dianjurkan mengasup 260 mikrogram/hari, Teman Sehat!

Sayangnya, seperti vitamin larut air lainnya, asam folat mudah rusak selama pemasakan sehingga pengolahan sayuran jauh lebih baik dilakukan dengan pengukusan, penggunaan microwave dibandingkan dengan direbus.

Nah, itulah tadi 3 alasan yang buat kita wajib penuhi kebutuhan asam folat, Teman Sehat! Yuk, rajin-rajin makan buah dan sayur supaya kebutuhan asam folat kita terpenuhi.

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts