Kencur untuk Mengembalikan Stamina dan Keindahan Tubuh Pasca Melahirkan

Halo Teman Sehat! Apakah bentuk tubuh pasca melahirkan bikin kamu ngga pede? Saat hamil tubuh akan membesar sesuai dengan pertumbuhan janin. Bagian yang paling membesar rata-rata adalah daerah perut, paha dan lengan bagian atas. Sayangnya, untuk mengembalikan stamina dan bentuk tubuh seperti semula butuh usaha yang keras. Tapi, Teman Sehat ngga perlu khawatir karena ada ramuan tradisional yang bisa jadi pilihan. Penasaran? Yuk, cari tahu tentang kencur!

Manfaat penting kencur 

Tanaman bernama latin Kaempferia galanga ini ternyata memiliki banyak manfaat loh buat kesehatan tubuh.

  • Aktivitas anti oksidan
    Kencur memiliki aktivitas antioksidan yang bisa menurunkan efek radikal bebas dan diduga bisa memberikan efek khusus pada gangguan penyakit tidak menular. Efek antioksidan dihasilkan dari kandungan fenolik total dan flavonoid termasuk luteolin dan epidenin yang terkandung di dalamnya.
  • Aktivitas anti mikroba
    Ekstrak metanol dari kandungan rimpang tanaman kencur ini memiliki kemampuan untuk melawan infeksi akibat bakteri. Jadi, bisa untuk mencegah munculnya penyakit menular juga loh!
  • Aktivitas analgesik dan anti inflamasi
    Berdasarkan percobaan pada sekelompok tikus, diketahui bahwa kencur menunjukkan efek anti inflamasi. Selain itu, manusia juga memanfaatkan daun kencur secara tradisional untuk mengobati bengkak, sakit kepala, sakit perut, sakit gigi, dan rematik.

Nah, secara khusus bagi ibu pasca melahirkan, kencur memiliki manfaat penting untuk mengembalikan stamina dan kesehatan. Terlebih dengan adanya manfaat anti inflamasi, bisa mencegah munculnya peradangan atau perdarahan pasca melahirkan.

Apa kandungan kencur?

Minyak volatil yang di ekstrak dari kencur terbukti mengandung 38 senyawa aromatik. Dua senyawa utamanya yaitu trans-etil-p-methoxycinnamate (28,4-70,0%) dan trans-ethyl cinnamate (11,5-26,6%). Dua senyawa utama ini ditemukan sebagai unsur paling penting yang bertanggung jawab atas sebagian besar sifat farmakologis tanaman kencur. Kalau dilihat dari kandungannya, kencur juga bisa menghasilkan aroma terapi loh!

Cara mengonsumsi kencur 

Cara mengonsumsi kencur yang paling populer di masyarakat Indonesia adalah dalam bentuk jamu. Jamu beras kencur udah sejak lama dikonsumsi masyarakat sebagai salah satu obat tradisional. Nah, berikut cara membuat jamu beras kencur yang bisa Teman Sehat terapkan di rumah!

  • Bahan: 200 gram beras, 25 gram jahe, 30 gram kencur, 250 gram gula pasir (opsional), 1 sendok makan air jeruk nipis, 25 gram asam jawa, 2 daun pandan, 20 gram kunyit, sedikit garam, dan 500 ml air hangat.
  • Cara membuat: rendam beras dalam air bersih selama 3 jam. Campurkan jahe, gula, asam jawa, kunyit, kencur, dan beras, lalu blender sampai lembut. Tuangkan campuran tersebut ke dalam panci, tambahkan air, dan biarkan mendidih selama 10 menit. Lalu angkat dan saring, tambahkan air jeruk nipis dan aduk rata. Jamu Beras kencur nan nikmat siap di santap!

Nah, itulah manfaat kencur yang bisa dimanfaatkan oleh kamu-kamu yang abis melahirkan. Yang pasti, ramuan yang satu ini alami dan menyehatkan. Yuk, coba di rumah!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *