Kreasi MP-ASI ala Mama Muda yang Bisa Kamu Coba

MP ASI

Teman Sehat, pasti sudah tau tentang MP-ASI kan?

Menurut pengertian sederhananya, MP-ASI (Makanan Pendamping ASI) adalah makanan atau minuman bergizi yang diberikan kepada bayi atau anak dimulai dari usia 6 bulan yang memiliki tekstur semi padat sebagai tahapan perpindahan dari ASI.

Karena betapa pentingnya MP-ASI, maka banyak perusahaan makanan yang menciptakan MP-ASI instan dengan berbagai variasinya. Namun, sebaik-baiknya MP-ASI yang diberikan, seharusnya sih buatan ibu sendiri yang home made, sehat, bebas pengawet, dan bersih, ya kan Teman Sehat?

Nah, bagi kamu calon mama muda atau yang sudah menjadi mama muda, ada 3 kreasi MP-ASI rumahan yang mudah, praktis, bergizi, dan terjangkau untuk dicoba. Yuk, simak!

1. Untuk usia 6 bulan, sediakan makanan semi cair

Prinsip utama dalam membuat MP-ASI bagi bayi berusia 6 bulan adalah lunak. Kamu bisa mencoba: jus buah (alpukat, pisang, pepaya) yang tetap dicampur dengan ASI). Tekstur yang diharapkan disini adalah sangat lembut dan diberikan dalam porsi yang kecil, yaitu 2-3 sendok makan.

2. Untuk usia 7-8 bulan, siapkan makanan semi padat

kreasi MP-ASI

Nah, untuk usia segini, kamu bisa mencoba membuat tim saring. Tim saring bisa bermacam-macam seperti : tim saring ayam,telur,sayur,buah,bahkan tahu dan tempe.

Caranya rebus beras hingga menjadi bubur, lalu tambahkan kreasinya, seperti tempe yang sudah dipotong potong kecil, kemudian setelah matang bisa langsung di-blender, kemdian disaring. Viola! Jadilah!

3. Usia 9 bulan keatas, saatnya mencoba menu keluarga dengan tekstur lembekhttps://2.bp.blogspot.com/-hnCqG_k6eoE/VRG_4Lrb3fI/AAAAAAAAALk/7rVakZChmKk/s400/Daftar%2BMenu%2BMakanan%2BSehat%2BUntuk%2BAnak%2BUsia%2B1%2BTahun.jpg

Pada usia ini, si kecil bisa mencoba sup bening, nasi dengan tekstur lembek, dan lauk pauk kukus tanpa bumbu yang tajam. Misalnya : nasi lembek, dengan sayur bayam dan campuran hati ayam.

Ketika si kecil sudah mulai diberikan MP-ASI setelah berusia 6 bulan, bukan berarti ASI-nya diberhentikan dan tidak berlanjut ya Teman Sehat, calon mama muda kece!

ASI tetapi diberikan sampai berusia 2 tahun. Jadwal pemberian MP-ASI selama 1 hari pada si kecil bisa mencapai 5-6 kali pemberian dalam sehari dengan selingan ASI yang diberikan 3-4 kali dalam sehari.

Jadwal pemberian MP-ASI bisa dimulai pada pagi hari kisaran pukul 8-10 pagi, kemudian pukul 12-2 siang, dan menjelang malam pada pukul 6 sore. Bagaimana untuk pemberian ASI-nya? ASI bisa diberikan sebelum atau setelah diberikan MP-ASI bagi si kecil.

Bagaimana pendapatmu, Teman Sehat? Apakah kamu siap untuk membuat kreasi MP-ASI kelak? Yuk, tuliskan di kolom komentar! (agt&don)

 

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *