Lawan Hormon Stres dengan Cara Gampang ini!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu pernah atau sedang mengalami stres? Tau ngga apasih hormon stres itu? Stres merupakan reaksi normal tubuh terhadap berbagai keadaan yang menegangkan, buruk, berulang-ulang dan lain sebagainya. Nah, keadaan ini bisa memicu keluarnya hormon stres seperti adrenalin, norepinefrin, dan kortisol. Efeknya? Jangan heran kalau Teman Sehat menjadi mudah marah, berdebar-debar, gelisah, galau, merana, dan emosional. Stres juga bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan loh.

Aktivitas sehari-hari berpotensi menimbulkan stres sehingga hormon-hormon stres tersebut kadarnya bisa tinggi di dalam tubuh. Teman Sehat akan menjadi mudah terkena penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, diabetes, dll. Ngga mau kan hal itu sampai terjadi? Stres memang ngga bisa dihilangkan tetapi dapat di atur, yuk simak tips berikut.

1. Beraktivitas fisik bisa cegah hormon stres

Hidup aktif merupakan salah satu kunci hidup sehat. Lebih enak mana tidur seharian atau olah raga 20 menit? Duduk di bangku kerja berjam-jam atau meluangkan waktu jalan-jalan di area kantor? Berbagai penelitian telah menunjukan bahwa aktivitas fisik berperan penting untuk menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres. Saat tubuh aktif, maka otak akan mengeluarkan hormon endorfin yang berperan sebagai obat alami untuk memerangi stres.

2. Berpelukan bisa mengurangi kadar hormon stres

Wow, ini tentu merupakan solusi yang mudah, murah, dan menyenangkan bagi semua orang. Berpelukan menunjukan bahwa seseorang menerima dukungan sosial serta merasa dicintai yang tentunya akan membuat suasana hati membaik. Studi juga menunjukan, saat berpelukan tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin (bonding hormon) yang dapat mengurangi stres.

3. Tersenyum dan tertawalah!

Studi menunjukan bahwa seseorang yang tersenyum selama periode stres bisa mengurangi respon tubuh terkait stres tersebut, terlepas apakah ia benar-benar merasa bahagia atau ngga. Di lain sisi, jika Teman Sehat tertawa maka bisa memberikan efek jangka panjang yang ngga hanya meringankan beban mental tetapi juga dapat menyebabkan perubahan fisik pada tubuh. Kok bisa? Karena saat tertawa oksigen yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak serta produksi hormon endorfin meningkat. Dahsyat kan?

Baca juga : 6 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan yang Ngga Kamu Duga

4. Mendengarkan musik 

Aktivitas yang satu ini selain menyenangkan ternyata juga mampu mengurangi stres dan menyehatkan tubuh. Penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik berdampak pada sistem psiko-biologi stres sehingga keadaan tubuh menjadi lebih baik. Tapi tentunya musik-musik yang menimbulkan efek rileks dan menyenangkan.

Baca juga : Polusi Suara Ternyata Berbahaya, Waspadalah!

Jadi, Teman Sehat ga perlu jalan-jalan ke luar negeri, beli mobil mewah, atau nge-gym di tempat mahal buat menghilangkan stres. Cara-cara sederhana di atas bisa diterapkan dan manfaatnya udah terbukti. Selamat mencoba.

 

Editor dan Proofreader : Asiyah Mutmainnah, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *