Lezatnya Sensasi Thai Mango Slush! Tapi Berapa Kalorinya, Ya?

Halo Teman Sehat! Kamu pasti udah ngga asing lagi kan dengan jus mangga ala Thailand? Yap, sekarang ini, Thai Mango Slush emang lagi nge-hits banget di Indonesia.  Selain rasanya yang menyegarkan, jus mangga ini mengenyangkan karena rata-rata dijual dalam porsi besar.

Kini, jus mangga ala Thailand udah populer bahkan mengalahkan popularitas minuman berbahan dasar cokelat dan keju yang sebelumnya menjadi primadona di kalangan pecinta kuliner. Kalau dilihat dari segi kesehatan, sekilas jajanan ini lebih worth it karena berbahan dasar mangga yang diketahui mengandung serat dan banyak vitamin-mineral.

Sekilas tentang buah mangga!

Seperti yang kita ketahui bersama kalau buah mangga punya indeks glikemik yang rendah sehingga masih aman bila dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dalam 1 buah mangga ukuran sedang (kurang lebih 100 gram), terkandung sebanyak 65 kkal kalori, 0.5 gram protein, 0.3 gram lemak, dan 17 gram karbohidrat.

Selain itu, buah mangga juga mengandung antioksidan, serat pangan (1.6 gram) serta vitamin dan mineral lain seperti : Vit E (0.9 mg), Vit A (38 mg), Vit C. (27.7 mg) dan kalsium (10 mg) loh, Teman Sehat. Teman Sehat juga tau kan kalau berbagai manfaat bagi pencernaan, imunitas, serta penangkalan radikal bebas bisa kita dapatkan dari buah mangga.

Tapi, berapa kalori Thai Mango Slush, ya?

Setelah melakukan pencarian dan perbandingan di antara resep-resep jus mangga Thailand yang ada dan menghitung jumlah kalorinya (berdasarkan Tabel Komposisi Pangan Indonesia), dapat diperkirakan bahwa bahan-bahan serta jumlah kalori yang terkandung dalam satu porsi jus mangga Thailand adalah sebagai berikut, Teman Sehat!

2 buah mangga ukuran sedang = 117 kkal

100 ml yoghurt = 62 kkal

1 sachet susu kental manis = 180 kkal

2 sdm whip cream = 36.8 kkal

75 ml susu uht = 49.5 kkal

Jadi, total kalori satu porsi Thai Mango Slush adalah 446 kkal Teman Sehat, wow besar juga ya!

Jumlahnya sama atau bisa saja lebih besar dari satu porsi makanmu loh Teman Sehat! Selain itu, kandungan lemak dan gulanya juga lumayan tinggi. Jadi, ngga baik kalau sering-sering dikonsumsi ya, Teman Sehat.

Homemade mango puddings. Lovely dessert for summer.

Tapi, tenang aja, kita masih bisa menikmati jus mangga ala Thailand dengan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kita juga bisa mengurangi takaran atau mengeleminasi beberapa bahan sumber lemak dan gula seperti susu kental manis dan whip cream. Penghitungan jumlah kalori dan jumlah gizi di atas tentu hanya sebuah gambaran, bukan nilai yang mutlak, bukan berarti larangan juga loh, ya! Kalian masih boleh jajan jus mangga Thailand kok, tapi dalam batas kewajaran, ya Teman Sehat!

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *