Main Pokemon Go Bisa Buat Kamu Lebih Sehat, Ini Caranya!

Sejak diluncurkan di Amerika beberapa pekan lalu, aplikasi game Pokemon Go menjadi aplikasi paling populer di iTunes dan Play Store. Walau Pokemon Go belum masuk secara resmi di Play Store Indonesia, toh kita sama sekali ngga kesulitan untuk cari file apk-nya yang berserakan di dunia maya, bahkan di grup-grup WhatsApp sehingga kita dengan mudah bisa main pokemon go.

main Pokemon Go

Pokemon Go merupakan game augmented reality yang menggunakan data GPS dari smartphone. Pemain Pokemon Go ditantang untuk mencari karakter Pokemon fiksi di sekitar lingkungan mereka dengan mengikuti petunjuk di smartphone-nya.

Ternyata, main Pokemon Go bisa loh bantu kita supaya lebih sehat. Simak nih lima tips dari kami agar main Pokemon Go bisa buat kamu lebih sehat!

1. Pergi cari Pokemon dengan berjalan, berlari atau bersepeda!

Pokemon Go merupakan bisa jadi alasan terbaik para gamers untuk keluar dari kamar, berkeliling ke lingkungan untuk cari Pokemon yang langka dan kuat. Selain risiko kecelakaan karena ngga fokus, naik mobil atau motor malah buat kita susah dapat Pokemon loh. Belum sempat Pokemon-nya muncul, kita sudah melewati daerah tersebut karena motor dan mobil melaju relatif cepat. Akan beda ceritanya kalau kita sambil jalan kaki, lari santai atau mengayuh sepeda, kecepatan kita lebih lambat, kita akan lebih lama di suatu lokasi, ini memberi waktu yang cukup agar Pokemon yang kita cari keluar.

Keliling di lingkungan sekitar cari Pokemon 30 menit saja, akan membakar kalori tubuh sebanyak 125 Kal kalau jalan kaki, 245 Kal kalau lari santai, dan 210 Kal kalau mengayuh sepeda. Lumayan kan? sadar atau ngga kita udah lakukan aktifitas fisik yang kata WHO sih minimal seminggu 3 kali, masing-masing minimal 30 menit.

Bersepeda

2. Jangan lupa bawa air minum saat berkeliling main pokemon go

Kenapa bawa air minum? supaya kamu tetap fokus! Dehidrasi atau kurang minum bisa buat konsentrasi kamu jadi turun. Selain itu, minum air juga akan mengganti cairan di tubuh kamu yang banyak terbuang lewat keringat akibat panas matahari.  Jangan lupa, air juga penting untuk program diet kamu. Botol berisi air minum adalah perlengkapan terbaik untuk berkeliling cari Pokemon, selain smartphone full baterai dan power bank.

3. Jangan terus pandangi smartphone mu!

Terus menerus memandang layar smartphone juga ngga baik untuk mata kamu. Alihkan pandangan mu dari layar smartphone ke lingkungan tiap lima menit. Ini akan memberi kesempatan beristirahat bagi mata yang sudah melakukan kerja keras dalam bentuk pandangan jarak dekat pada objek bercahaya.

Sudah dengar kalau ada user Pokemon Go yang cidera tertabrak kendaaraan? Ya, pemain Pokemon Go tersebut terlalu merhatiin pada smartphone-nya, sampai mendistraksi perhatiannya pada lingkungan sekitar. Lingkungan dimana Pokemon berada biasanya lingkungan ramai, termasuk ramai kendaraan.

Main Hp

4. Lebih seru cari Pokemon bersama loh!

Mencari Pokemon bersama bisa jadi sarana sosialisasi yang terbaik antar teman atau keluarga. Candaan dan obrolan ringan akan buat kamu rileks, lepas dari penah tugas kuliah atau kerjaan. Proses sosialisasi saat cari Pokemon bersama sangat baik untuk psikologis kamu yang seharian hanya sibuk dengan urusan sendiri. Kamu juga bisa saling melindungi dan mengawasi supaya tetap aman masuk ke lingkungan ramai kendaraan.

5. Jangan berlebihan, apapun yang berlebihan tentu ngga baik kan?

Apapun, yang terlalu banyak akan jadi ngga baik, termasuk Pokemon Go. Bermain game dalam porsi normal akan merangsang tubuh mensekresikan hormon dopamin dan serotonin yang buat kamu merasa senang dan rileks. Tapi, kalau sebagian besar hari kamu habis untuk main game, dopamin dan serotonin akan diproduksi terus menerus, akhirnya? kecanduan. Sebaiknya, ngga lebih dari 60 menit perhari waktu yang kamu habiskan untuk main Pokemon Go. Ada banyak produktif lain yang harus kamu lakukan bukan?.

Sekian lima tips dari kami untuk kamu yang mau aktifitas main Pokemo Go jadi punya manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Selamat cari Pokemon, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *