Makanan Sehat dengan Kandungan “Gula Tersembunyi”

Halo Teman Sehat! Sekarang ini sebagian besar masyarakat udah memiliki kesadaran untuk mengurangi konsumsi makanan yang manis. Seperti yang diketahui, makanan manis adalah sumber dari berbagai permasalahan kesehatan seperti kegemukan, diabetes mellitus, bahkan penyakit jantung. Dalam pendoman gizi seimbang, kita juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi gula maksimal 4 sendok makan per hari (±50 gram).

Tapi, pernahkah Teman Sehat mendengar istilah hidden sugar alias gula tersembunyi yang ada pada makanan? Sederhananya, makanan tersebut ngga mengandung gula secara riil tapi jika ditelaah nilai gizinya, kandungan gulanya bisa tinggi banget loh! Berikut beberapa makanan dengan kandungan hidden sugar yang tinggi!

  1. Sereal

Teman Sehat punya kebiasaan mengonsumsi sereal di pagi hari? Makanan berbahan gandum ini memang pas buat teman sarapan karena selain rasanya yang lezat dan mudah divariasikan,  sereal juga dipercaya sebagai makanan kaya zat gizi. Tapi, kandungan gulanya cukup tinggi loh, yaitu ±23 gram untuk setiap 100 gram nya. Jadi, konsumsi semangkuk sereal saja udah memenuhi 50% dari maksimal asupan gula harian.

  1. Roti tawar

Meskipun namanya roti tawar tapi kandungan gulanya ngga setawar rasanya. Selembar roti tawar putih ataupun roti gandung yang terkenal sehat bisa mengandung hampir setengah sendok teh gula. Ahli menyarankan 6 sendok teh gula per hari adalah batas maksimum. Berapa lembar roti yang biasanya Teman Sehat konsumsi?

  1. Yogurt aneka rasa

Susu fermentasi memiliki reputasi baik dalam menyehatkan saluran pencernaan karena kandungan bakteri baik di dalamnya, Tapi, saat ini berkembang produk susu fermentasi dengan berbagai rasa seperti stroberi, anggur, mangga, dll. Dalam prosesnya, yogurt jenis ini udah ngga murni lagi karena ditambahkan pemanis, pewarna, dan perasa. Dalam 1 botol yogurt kemasan (250 ml) ternyata terkandung 31 gram gula loh!

  1. Salad dressing

Meski terkesan sebagai pelengkap, ternyata salad dressing berkontribusi besar loh buat asupan gula harian! Salad dressing yang biasanya rendah lemak, mengandung gula dengan kadar yang cukup tinggi hingga 7 gram untuk 1 porsi penyajiannya. Kebayangkan sayuran kamu udah jadi ngga sehat lagi karena kandungan gulanya yang tinggi?

  1. Saus sambal

Pelangkap yang satu ini pasti ngga boleh ketinggalan saat mengonsumsi berbagai makanan. Tapi Teman Sehat harus mulai aware kalau ternyata dalam 1 sendok makan saus sambal terkandung 5 gram gula. Kebayangkan kalo makan bakso dengan saus sambal yang super banyak?

Ngga cuma 5 jenis makanan di atas aja, ternyata masih banyak makanan lain dengan kadar gula tersembunyi yang cukup tinggi. Teman Sehat harus mulai berhati-hati, baca selalu label gizi pada makanan kemasan dan pastikan asupan gula harian kamu ngga melebihi 50 gram per hari! Yuk hidup sehat dengan menjaga asupan gula harian!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *