Mamah Muda Kekinian, Mari Mengenal Omega 3!

Hai Teman Sehat! Buat kamu yang telah dan akan menjadi mamah muda, kecukupan gizi sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Salah satunya adalah pemenuhan Omega-3 pada masa golden period pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa sih Omega-3 itu? Check this out!

Hasil gambar untuk omega 3

Sekilas tentang omega 3!

Omega 3, yang masih merupakan kerabat dekat dengan lemak, adalah zat penting yang dibutuhkan buat mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak dalam masa balita. Nah, Omega 3 ini ternyata memiliki dua sumber:

  1. Alpha-Linoleic-Acid (ALA) atau asam alpha linoleat, yang ngga bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Artinya, Teman Sehat harus mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung ALA dari luar.  ALA juga dibutuhkan buat membentuk Omega 3 lain, yakni:
  2. Eicosapentaenioc acid (EPA) dan Docosahenxaenoic Acid (DHA), untuk kedua jenis Omega 3 ini pasti Teman Sehat sudah sering mendengar ya. EPA dan DHA sering dipakai sebagai bahan promosi beberapa produk makanan/ minuman bagi balita. Yap, kedua kebaikan ini bisa kita hasilkan kok dari tubuh kita sendiri, tapi syaratnya harus terlebih dahulu mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung ALA, Teman Sehat!

Lalu, dari mana kita bisa penuhi kebutuhan Omega 3?

Wacana gemar makan ikan yang dicanangkan Ibu Susi Menteri Kelautan memang sungguh tepat Teman Sehat karena sebagian besar sumber Omega 3 berasal dari ikan, terutama ikan laut. Pembentukan dua zat super EPA dan DHA dari ALA membutuhkan waktu yang lama dan zat yang dihasilkan tidaklah maksimal. Maka dari itu, lebih disarankan langsung mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung EPA dan DHAyakni ikan dan minyak ikan.

Jenis ikan laut yang populer akan kandungan Omega 3 adalah ikan salmon. Selain ikan salmon, aneka ikan yang berada pada perairan laut dalam juga mengandung Omega 3 yang tinggi misalnya ikan tuna, makarel, sarden, serta kepiting segar Teman Sehat!

Hasil gambar untuk omega 3

Nah, karena Omega 3 merupakan zat penting dalam masa pertumbuhan anak, Teman Sehat juga harus mempersiapkannya sejak dini loh. Teman Sehat para calon mamah muda disarankan mengonsumsi bahan makanan kaya Omega 3 tersebut sejak setelah proses konsepsi  alias bahkan sebelum hamil.

Bagi Teman Sehat yang ngga mengkonsumsi ikan karena vegetarian atau alergi, jangan sedih! Sumber Omega 3 terutama ALA terdapat pada tumbuh- tumbuhan kok, yakni pada minyak tumbuhan, flaxseed, dan kacang- kacangan seperti Walnut, Pecan, dan Hazelnut, serta pada sayuran berdaun hijau serta kacang merah.

Nah, jika sudah mengenal Omega 3 yang ternyata gampang banget kita temukan dalam makanan, selamat berjuang menumbuhkan generasi yang sehat dan cerdas ya Teman Sehat! Semoga bermanfaat

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

Our Rating

1.0 Overall Score

1

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *