Manfaat Besar Si Kecil Wijen

Teman Sehat, pasti kamu udah ngga asing lagi kan sama wijen? Itu loh, yang nempel di onde-onde atau di atas roti burger yang suka kamu makan. Ternyata biji wijen yang kecil itu, punya banyak manfaat loh, buat kesehatan dan keseharian kamu. Mau tau apa aja manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya di sini! Let’s check it out!

Apa sih wijen?

Wijen atau dalam bahasa ilmiahnya Sesamum indicum L. merupakan biji-bijian yang banyak ditemukan di benua Afrika dan Asia, terutama di India. Wijen memiliki ukuran yang bervariasi, dari ukuran kecil hingga besar dengan berbagai warna seperti putih, kuning, hitam, abu-abu, cokelat dan merah, sesuai daerah penanamannya.

Biji dan minyak wijen

Wijen dibudidayakan karena bijinya kaya akan protein (20%) dan minyaknya yang kaya akan asam lemak tak jenuh. Selain itu, wijen merupakan sumber makanan utama di berbagai belahan dunia. Bahkan di Cina dan Jepang, wijen bisa meningkatkan status gizi dan mencegah berbagai penyakit selama beratus tahun lamanya.

Manfaat biji dan minyak wijen

Biji wijen mengandung zat gizi mikro seperti mineral, lignan, tokoferol, dan pitosterol. Zat-zat ini bisa meningkatkan aktivitas vitamin E, sehingga penyakit yang berhubungan dengan penuaan, seperti kanker dan jantung bisa dicegah. Menurut penelitian  yang dilakukan oleh Mitsuo, jika kamu mengonsumsi biji wijen, maka  akan menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Selain bijinya, minyak wijen juga memberikan manfaat loh, buat kesehatan. Minyak wijen bisa mencegah kanker kolon, menurunkan tekanan darah, meningkatkan zat antioksidan, dan menghambat inflamasi untuk mencegah gangguan hati akut. Selain bermanfaat di dalam tubuh, minyak wijen juga bermanfaat di luar tubuh, loh! Yaitu sebagai minyak pijat dan sabun.

Kamu bisa menggunakan minyak ini, saat sedang premenstrual syndrom PMS. Caranya dengan memijat area perut, untuk mengurangi rasa nyerinya. Selain itu, pada wajah, minyak ini bisa bisa menghilangkan jerawat dan memberikan efek perlindungan terhadap radiasi UV-A dan UV-B yang bisa merusak sel wajah kamu.

Sayangnya, ngga semua orang bisa merasakan manfaat wijen, Teman Sehat.  Ada beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap wijen. Gejala alergi yang ditimbulkan dapat berupa asma, dermatitis, sindrom alergi oral, dan bengkak.

 

Nah, Teman Sehat ternyata banyak ya manfaat dari wijen. Jangan lupa, kamu bisa mencoba mengonsumsi atau menggunakan wijen untuk merasakan manfaatnya. Yuk, manfaatkan bahan pangan yang ada di sekitar kamu sebaik mungkin untuk kesehatan dan kegiatan sehari-hari!

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STP.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *