Manfaat Ginseng bagi Perawatan Rambut

Halo Teman Sehat! Masalah pada rambut akan jadi masalah hampir sebagian besar orang. Nah ginseng bisa jadi salah satu tips loh buat perawatan rambut. Siapa yang tak kenal dengan ginseng? Ginseng merupakan tanaman tradisional yang banyak tumbuh di negeri Korea. Ginseng lebih sering dijadikan obat yang berguna buat menambah stamina dan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Namun selain itu, ginseng juga ternyata banyak dimanfaatkan buat perawatan rambut loh.

Khasiat dari tumbuhan ini mampu menyehatkan dan melebatkan rambut, selain itu bisa mencegah kerontokan dan kekeringan. Manfaat lain dari tanaman ginseng bagi rambut antara lain adalah mencegah ketombe, memperkuat akar, melindungi rambut dari kotoran, serta memperlambat penuaan rambut atau timbulnya uban.

Perawatan rambut dengan ginseng bisa membantu menebalkan rambut karena zat yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi rambut. Senyawa yang terkandung tersebut antara lain adalah senyawa terpenidol glycisides atau ginsenosida yang berfungsi sebagai zat penguat ekstra untuk akar rambut. Kandungan saponin merupakan senyawa anti bakteri dalam ginseng yang berfungsi buat mencegah timbulnya ketombe yang berlebihan karena kotoran dan bakteri.

Baca juga : Inilah Perawatan Rambut Mendasar yang Wajib Kamu Ketahui!

 Masker rambut dari ginseng

Penggunaan ginseng untuk rambut bisa dilakukan dengan membuat masker rambut. Masker rambut ginseng sebagai cara alami melebatkan rambut efektif buat melindungi rambut dari kotoran. Minyak atsiri dan fitosterol berfungsi buat memperlambat penuaan rambut yang menimbulkan uban, buat menangkal radikal bebas yang menyebabkan umur rambut semakin pendek. Selain itu, kandungan selulosa pada ginseng bermanfaat sebagai pelindung lapisan permukaan rambut dari sinar matahari yang bisa memicu kerusakan.

Sampo dan hair tonic ginseng

Tanaman ginseng memang udah bertahun-tahun dijadikan formula untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Ekstraknya banyak dimanfaatkan ke dalam campuran sampo yang dikhususkan buat kesehatan rambut dan dipakai banyak orang sebagai cara cepat melebatkan rambut. Kandungan vitaminnya mampu membantu mencegah rambut tidak kehilangan warna aslinya, menghilangkan rasa gatal karena bekas ketombe, dan membuat rambut menjadi lembab terus-menerus.

Baca juga : Inilah Perawatan Rambut Mendasar yang Wajib Kamu Ketahui!

Ginseng bekerja ngga hanya pada permukaan rambut, tetapi juga meresap ke dalam kulit kepala sehingga zat-zat baik yang terkandung juga masuk ke dalam akar rambut. Apabila digunakan secara rutin, kulit kepala dan rambut akan terbiasa dengan ginseng dan bisa memicu pertumbuhan rambut lebih lebat dari sebelumnya.

Selain dalam bentuk masker rambut dan sampo, ekstrak ginseng juga banyak dijual dalam bentuk hair tonic kemasan yang bisa dipakai setelah keramas. Hair tonic ginseng aman digunakan setiap hari untuk rambut yang lebih sehat.

Jadi, untuk perawatan rambut menjadi tebal dan sehat, Teman Sehat bisa coba menggunakan masker rambut ginseng atau sampo yang mengandung ginseng loh. Bagaimana Teman Sehat, tertarik buat mencoba?

 

Editor & Proofreader : Asiyah Mutmainnah, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *