Mau Diet Anti Wacana? Ketahui 5 Hal Ini!

Hai Teman Sehat! Siapa nih yang berencana atau sudah memulai program diet? Banyak perempuan dan laki-laki yang menganggap diet adalah gimana caranya agar bisa menurunkan berat badan sehingga kebanyakan malah melakukannya dengan ngga makan. Padahal,  itu adalah hal yang salah. Nah, diet yang bener adalah dengan mengontrol makanan yang masuk dan melakukan aktivitas fisik demi mencapai berat badan ideal.  Tapi, apakah itu semua cuma wacana yang ngga terlaksana sejak dulu? Yuk intip “5 tips” biar diet ngga sekedar anti wacana!

1. Camilan yang sehat

Camilan boleh aja ya Teman Sehat. Disaat saat kita lapar sebelum waktunya makan, cemilan bisa berfungsi sebagai pengganti atau pengganjal perut. Tapi, camilan yang digunakan untuk orang yang ingin diet sehat anti wacana bukan camilan sembarangan. Gantilah cemilanmu dengan cemilan yang sehat seperti kacang-kacangan, susu serta buah-buahan. Bagi yang menyukai kulit ayam untuk dimakan sebagai cemilan, say no from now! Camilan bisa membantu menurutkan berat badan loh, jadi pilih camilan yang sehat.

2. Perbanyak konsumsi sayur

Sayur adalah bahan makanan penting yang harus kita konsumsi setiap hari setidaknya 3-5 porsi loh. Jangan pernah lupakan sayur karena mengandung serat yang memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengeluarkan lemak jahat. Sayur punya peran penting dalam program diet sehatmu. Jangan lupa selalu makan sayur tiap kali makan ya!

3. Malas berolahraga

Diet cuma wacana kalau ngga diimbangi dengan berolahraga. Mulai biasakan berolahraga ya 30 menit per hari secara terus-menerus alias konsistem . Olahraga yang sedang popular saat ini adalah yoga dan kardio karena dianggap bisa menurunkan berat badan lebih efektif. Tapi, olahraga apapun asalkan dilakukan dengan benar tetap akan memberikan hasil yang maksimal. Olahraga  adalah faktor penting buat kesehatan, jadi jangan lupa masukan dalam program dietmu ya.

4. Karbohidrat berlebih

Nah, ini yang secara ngga sadar menjadi trigger dalam program diet Teman Sehat. Nasi, biskuit, sereal, mie, pasta merupakan makanan yang mengandung karbohidrat. Perhatikan porsi karbohidrat yang kamu makan, jangan sampai kamu makan mi instan dengan nasi dua centong, ditambah kentang goreng.

5. Minuman bersoda

Mungkin banyak yang mengira bahwa minuman bersoda bebas kalori, sehingga muncul asumsi bahwa minum minuman bersoda bisa menurunkan berat badan. Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Hal ini didukung oleh penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, di dalamnya disebutkan bahwa soda diet bukan untuk menekan kalori, namun yang terjadi justru sebaliknya. Bahkan soda diet menimbulkan risiko diabetes lebih tinggi dari soda dengan gula.

Teman Sehat jangan lupa ya poin-poin di atas supaya diet ngga sekedar wacana. Ada tips-tips lainnya? Boleh share pada kolom komentar di bawah ini.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *