Mau Kulit Cerah dan Bebas Jerawat? Masker Kunyit Jawabannya!

Halo Teman Sehat! Tahukah kamu kalau manfaat kunyit ngga sebatas sebagai bumbu makanan dan obat tradisional aja? Pengantin perempuan di India menggunakan kunyit sebagai body scrub dan masker wajah menjelang hari pernikahan untuk mencerahkan kulit mereka. Selain itu, kunyit ternyata udah sejak lama digunakan sebagai ‘senjata’ untuk kecantikan di berbagai wilayah di Timur Tengah. Penasaran?

Manfaat kunyit untuk kesehatan kulit

Sebagai salah satu bahan obat tradisional yang paling populer, kunyit memiliki berbagai manfaat. Di bidang kecantikan, kunyit bisa menangani berbagai masalah kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis, kulit kering, keriput dan lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, kunyit juga mampu membantu mengurangi pigmentasi yang berlebihan pada kulit dan mengurangi peradangan. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi.

Kunyit menunjukkan aktivitas anti-inflamasi atau peradangan pada kulit, misalnya jerawatan. Kandungan minyak atsiri dan pigmen kuning/oranye yang disebut curcumin berkerja maksimal untuk mengatasi peradangan tersebut. Curcumin ini merupakan fitonutrien yang mengandung kemampuan anti-inflamasi yang telah terbukti sebanding dengan banyak obat di pasaran saat ini.

Resep masker kunyit

Masker kunyit  ini gampang banget dibikin loh! Di bawah ini ada 2 resep masker wajah berbahan kunyit yang bisa Teman Sehat coba di rumah. You better check it out!

Untuk Mempercerah Kulit

½ sdt kunyit bubuk

½ sdt cuka apel organik

1 sdm madu

½ sdt susu (boleh diganti dengan yoghurt)

(optional) 1 tetes air lemon

Untuk Kulit Berjerawat

½ sdt bubuk kunyit

1 buah pisang, hancurkan

½ sdt baking soda

Cara membuat dan menggunakan :

(1) Untuk masing-masing masker, campurkan semua bahan dalam mangkuk atau wadah kecil dan aduk sampai merata. Usahakan untuk mencapai konsistensi yang bisa menempel di wajah. Jangan terlalu cair untuk menghindari masker yang menetes-netes

(2) Bersihkan wajah dari dengan air

(3) Aplikasikan masker pada wajah dan biarkan slama 15-20 menit

(4) Bilas wajah sampai bersih

Sebelum melakukan perawatan dengan masker kunyit, perlu diingat bahwa setiap orang mempunyai keadaan kulit yang berbeda-beda. Ada yang sensitif pada kunyit dan ada yang ngga. Kalau kayak gitu gimana, ya?

Dr. Axe dalam websitenya, draxe.com, menyarankan untuk menguji dulu masker dengan mengaplikasikannya sedikit ke kulit wajah. Kalau muncul rekasi gatal atau perih, sebaiknya perawatan ngga dilanjutkan. Saran ini berlaku juga untuk penggunaan masker lainnya.

Lalu, gimana dengan noda kuning yang kemungkinan akan menempel di kulit? Simpel aja sebenarnya, noda kuning tersebut cukup kamu bilas dengan sabun lembut dan air mengalir.

Ternyata, banyak banget ya manfaat kecantikan yang bisa diperoleh dari si bumbu kuning alias kunyit. Penasaran pengen coba? Jangan lupa share pengalamanmu dengan mengisi kolom komentar di bawah ini ya!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *