Masih Ragu buat Mengonsumsi Camilan? Simak Penjelasan Berikut!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk orang yang takut mengonsumsi camilan karena khawatir berat badan terus merangkak naik? Atau apakah kebiasaan ngemil bikin kamu jadi ngga sehat? Jika iya, pasti banyak banget pertanyaan dalam kepala Teman Sehat, kayak “Ngemil sebenarnya sehat ngga ya? Kapan baiknya makan camilan? Bener ngga sih ngemil bikin gendut? Nah, Teman Sehat perlu memahami hal-hal berikut!

Cemilan merupakan makan selingan di antara waktu makan utama. Umumnya, camilan pagi biasanya dilakukan sekitar pukul 10.00-11.00 dan sedangkan camilan sore sekitar pukul 15.00-16.00.

Ngemil penting untuk mengontrol nafsu makan

Ngemil yang dilakukan di antara waktu makan besar akan membantu kita mengontrol porsi makan saat jam makan utama tiba. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pengaturan waktu makan yang tepat didasarkan dari mekanisme lapar yang diatur oleh hormon ghrelin. Hormon inilah yang akan meningkatkan rasa lapar yang dikirimkannya ke otak sebagai sinyal.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa jarak waktu yang tepat untuk mengatur hormon ghrelin adalah setiap 3 hingga 4 jam. Jarak waktu yang lebih panjang antara waktu makan akan menyebabkan produksi ghrelin lebih meningkat. Nah, kebayang kan Teman Sehat, artinya kalo jarak antar waktu makan lebih panjang, Teman Sehat akan merasakan kelaparan berlebihan dan porsi makan pun jadi berlipat-lipat. Makan cemilan di jarak waktu 3 atau 4 jam setelah makan utama akan lebih baik karena bisa mengontrol rasa lapar, mengontrol insulin dan kadar gula darah, serta menjaga berat badan.

Perilaku mengonsumsi camilan yang buruk

Studi terkait snacking behaviour menunjukkan bahwa perilaku konsumsi camilan seperti sering ngemil, kebiasaan ngemil di depan TV, frekuensi jajan camilan di luar, kurang asupan buah dan sayuran, tinggi asupan minuman manis serta konsumsi camilan padat energi, ternyata berhubungan dengan status berat badan loh! Nah, ngemil bukan hanya sekedar mengisi perut, tapi kita juga perlu memperhatikan kandungan zat gizinya. Kalau ngga? Ngemil bisa bikin berat badanmu terus merangkak naik.

Nah, pada dasarnya camilan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh dan mengontrol porsi makan utama. Namun, camilan juga bisa berdampak negatif kalau Teman Sehat ngga memperhatikan jumlah, jenis, dan waktu mengonsumsinya. So, bijaklah dalam memilih dan mengonsumi camilan mu!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *