Mengenal Pilis “Si Jamu Oles”

Halo Teman Sehat! Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi dan budaya. Salah satunya yaitu penggunaan jamu yang udah ngga asing lagi bagi kebanyakan masyarakat. Meskipun berbagai minuman/makanan/obat modern bermunculan, eksistensi jamu ternyata ngga bisa dikalahkan. Sebenarnya jamu bukan hanya untuk diminum loh, tapi ada juga jenis jamu yang dioles pada bagian tubuh tertentu. Teman Sehat pernah dengar istilah pilis?

Apa itu pilis?

Pilis adalah jamu oles yang biasanya digunakan di daerah dahi. Para wanita jawa biasa menggunakan ramuan ini ketika baru melahirkan. Jamu ini terbuat dari campuran bahan alami seperti kunyit, kencur, daun mint, dan bunga kananga. Pilis ini diyakini bisa meringankan pusing dan membuat penglihatan menjadi jernih. Biasanya, penglihatan si ibu akan sedikit kabur setelah melahirkan karena pengaruh perubahan tekanan darahnya. Selain itu, ibu yang baru melahirkan biasanya mengalami perubahan pola tidur, nah pilih inilah yang menjadi salah satu solusinya.

Apa sih kandungan pilis?

Pilis merupakan ramuan tradisional yang kandungan utamanya berupa minyak. Minyak dari pilis bisa diklasifikasikan menjadi minyak essensial, asam lemak, dan senyawa nonpolar lainnya. Uniknya, pilis yang diproduksi oleh pabrik besar memiliki kandungan minyak essensial terendah, sementara pilis dari produsen rumahan adalah kandungan minyak essensial lebih tinggi. Dua puluh tiga jenis minyak esensial utama terdeteksi ada dalam ramuan tradisional ini.

Bagaimanakah penggunaan pilis?

Minyak atsiri pilis diaplikasikan secara transdermal melalui kontak langsung alias dioleskan ke kulit. Penyerapan minyak essensial ke dalam aliran darah melalui kontak kulit memiliki efek farmakologis yang menonjol dalam mengobati rasa sakit, kegelisahan, gangguan tidur, dan depresi. Penyaluran minyak esensial topikal atau transdermal dari pilis ini bisa menembus kulit hingga ke lapisan kulit yang cukup dalam. Beberapa minyak esensial yang terkandung di dalamnya juga memiliki kemampuan mereka untuk memperbaiki permeasi kulit. Cara menggunakan pilis ini gampang banget. Teman Sehat cukup mengoleskannya langsung pada dahi setiap pagi sehabis mandi, mulai hari pertama hingga hari ke 40 setelah melahirkan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pilis, si ramuan ajaib yang biasa digunakan pasca melahirkan. Teman Sehat tertarik?

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *