Menjadi “Superman” dengan Superfood!

Halo Teman Sehat! Kamu tau apa itu superfood? Yap, superfood adalah istilah yang disematkan pada makanan bergizi baik. Superfoods bisa membantumu menjadi manusia “super” loh Teman Sehat! Apa iya? Yuk, simak!

Inilah istimewanya “superfood”, Teman Sehat!

Kenapa superfood begitu istimewa? Yap, inilah komponen yang membuat superfood menjadi pendukung yang sangat baik buat kesehatan kita!

1. Antioksidan

Kamu tau kan Teman Sehat kalau antioksidan itu penting banget buat tubuh kita? Yap, antioksidan membantu  menstabilkan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh kita sehingga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, otot, tulang dan kulit kita. Semakin banyak antioksidan dalam tubuh, semakin sedikit dampak radikal bebas pada tubuh kita. FYI, antioksidan juga bisa membuat sel-sel tubuh kamu tetap awet muda loh Teman Sehat!

2. Serat

Kenapa serat begitu penting? Yap, serat bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, makanan yang cukup serat bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan tentunya membuat kamu lebih cepat merasa kenyang loh, Teman Sehat!

3. Zat gizi makro dan mikro

Superfoods tersusun dari banyak vitamin dan mineral yang merupakan kunci kesehatan. Vitamin A (karotenoid), vitamin C, vitamin B, folat, magnesium dan kalsium adalah beberapa contoh dari superfood. Selain itu, superfood  juga mengandung protein, karbohidrat dan lemak baik seperti omega-3 dan GLA (gamma-linolenic-acid).

Inilah beberapa superfood yang mudah kamu temui!

Brokoli. Sayuran ini kaya akan vitamin C dan magnesium yang bisa membantu memperkuat sistem imun dengan meningkatkan produksi interferon dan antibodi yang mempertahankan tubuh dari virus dan infeksi.

Tomat. Tomat kaya akan flavonoid dan fitokimia yang bersifat antikarsinogenik karena mengandung likopen. Senyawa ini bisa membantu mencegah tubuh dari penyakit kanker.

Rumput laut seperti nori, wake, kelp, wakame dan hijiki merupakan sumber antioksidan, yodium, dan kalsium yang baik loh!

Buah berries seperti blueberry, raspberry, blackberry, cranberry, stroberi ini bentuknya memang kecil-kecil tapi tinggi vitamin C, antosianin, karotenoid dan polifenol … alias gudangnya antioksidan!

Kale. Sayuran berdaun hijau gelap yang sekilas mirip selada air ini memang terasa pahit dan crunchy. Tapi, kale mengandung serat tinggi dan diperkaya oleh vitamin dan mineral seperti vitamin A dan vitamin C loh.  Kale juga mengandung lutein yang bisa membantu membuat kulit dan wajahmu makan oke, Teman Sehat!

Buah tropis seperti mangga, nanas, pepaya dan markisa ternyata juga kaya akan beta-karoten, folat, mangan, kalsium, dan vitamin C. Selain mudah, kamu juga bisa dapatkan manfaat yang banyak dari buah-buahan ini, Teman Sehat!

Itulah beberapa superfood yang bisa buat kamu jadi kuat dan sehat. Tapi, terlepas dari itu, iringi juga hari-harimu dengan diet bergizi seimbang ya, Teman Sehat! Semoga bermanfaat!

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *