Menu Diet Pesepak Bola Profesional

Halo Teman Sehat! Ada yang suka banget main bola? apa cuma sekedar nonton? Haha.

Diet bagi pesepak bola harus bertujuan untuk meningkatkan performa pesepak  bola di atas lapangan dan mengurangi risiko kejadian cedera. Simak nih tips pengaturan makan dan minum dari kami untuk kamu yang mau jadi pesepak bola profesional!.

Sarapan

Bagi pesepak bola, adalah haram meninggalkan sarapan. Untuk mengawali latihan pagi, lakukan sarapan karbohidrat setengah sampai seporsi sumber karbohidrat seperti roti cokelat, pisang bakar, atau jagung manis rebus dengan segelas susu.

Setelah latihan, lanjutkan sarapan dengan menu lengkap yakni seporsi sumber karbohidrat, seporsi sumber protein, seporsi sayur dan buah serta minum.

Minuman yang direkomendasikan adalah susu atau minuman suplemen tinggi protein dan air putih tentunya.

Makan siang

Saat tidak sedang match day, makan siang sebaiknya mengandung seporsi sumber karbohidrat, dua porsi sumber protein bebas lemak, seporsi sayur, seporsi buah, dan minuman seporsi minuman tinggi protein dan air putih. Ini beberapa makanan sumber protein yang bisa dijadikan sebagai pilihan http://linisehat.com/kamu-wajib-tau-sumber-protein-yang-super-ini/.  

Cemilan Sebelum Pertandingan

Saat akan match day siapkan cemilan yang dikonsumsi 45 menit sampai 1 jam sebelum sebelum pertandingan yakni setengah porsi karbohidrat, seporsi protein bar dan seporsi minuman tinggi protein. Kecukupan karbohidrat dan protein penting untuk memastikan bahwa otot tubuh yang digunakan dalam aktifitas permainan dapat berlangsung dengan baik.

Makan Malam

Saat tidak sedang match day konsep makan malam sama seperti makan siang namun yakni seporsi sumber karbohidrat, seporsi sumber protein bebas lemak, seporsi sayur, seporsi buah, dan minuman seporsi minuman tinggi protein dan air putih.

Cemilan Setelah Pertandingan

Untuk mengoptimalkan proses pemulihan pasca pertandingan, pesepak bola perlu mengonsumsi seporsi karbohidrat yang cepat cerna seperti roti cokelat atau jagung manis yang akan memberikan energi instan bagi tubuh.

Untuk perbaikan sel-sel otot yang rusak, tubuh memerlukan protein dari minuman berprotein atau suplemen asam amino.

Jangan lupa juga untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan cukup minum air putih. Emang apa sih pentingnya hidrasi? coba liat di artikel ini ya http://linisehat.com/5-hal-tentang-dehidrasi-yang-akan-buatmu-kaget/. Menu tersebut harus sudah dikonsumsi 60 menit setelah pertandingan berakhir.

Kamu pernah punya pengalaman lain dalam menjalani pengaturan diet sebagai pesepak bola profesional? Sampaikan di kolom komentar ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *