Menular, Hindari Penyakit Kusta dengan Langkah Ini!

Halo Teman Sehat! Kamu tau kan kalau penyakit kusta bisa menular apalagi di lingkungan dengan sanitasi yang buruk seperti fasilitas tidur yang ngga layak, air yang ngga bersih dan kebersihan diri yang kurang. Nah, buat kamu yang ngga mau tertular, yuk simak cara menghindari penyakit kusta, di sini!

Baca juga: Kenali Apa Itu Penyakit Kusta?

Teman Sehat, berbagai cara bisa dilakukan supaya kamu bisa terhindar dari penyakit menular ini loh. Yap, pencegahan bisa dilakukan dari beberapa faktor, yakni:

1. Kebersihan diri dan lingkungan

Yap, bakteri penyebab kusta bersifat tahan asam dan biasanya tumbuh di daerah yang bersuhu dingin. Bakteri ini bisa hidup di luar tubuh manusia selama 1-9 hari tergantung suhu atau cuaca. Selain itu, bakteri ini biasanya hidup berkelompok dan kusta hanya bisa ditularkan oleh bakteri yang bertubuh utuh, Teman Sehat!

Lalu gimana cara menghindari singgahan bakteri itu?

Kusta bisa dihindari dengan membersihkan lingkungan sekitar secara teratur, membersihkan tubuh teratur minimal 2 kali sehari serta menyediakan ruang cukup untuk masuknya cahaya matahari.

Baca juga: Inilah Bahaya Penyakit Kusta yang Wajib Kamu Pahami

2. Daya tahan tubuh

Teman Sehat, Departemen Kesehatan RI pada tahun 2002 pernah menyatakan kalau sebagian manusia kebal terhadap penyakit kusta. Yap, ketahanan ini salah satunya dipengaruhi oleh makanan dan pengobatan loh.

Makanan yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin E baik buat meningkatkan sistem imun tubuh kita, Teman Sehat. Vitamin ini bisa diperoleh dari buah-buahan kelompok sitrus seperti jeruk, jambu biji, kacang-kacangan, alpukat dan gandum. Yuk, rajin-rajin makan buah dan sayur, Teman Sehat.

Baca juga: 10 Fakta tentang Buah dan Sayur yang Harus Kamu Tahu!

3. Tempat tinggal

Lingkungan yang kotor disertai oleh kondisi suhu dingin bisa meningkatkan risiko perkembangan bakteri penyebab kusta. Rumah tinggal dan jumlah penghuni yang menempati harus sesuai dengan standar kelayakannya supaya udara bisa bergerak dan berganti serta mencegah kelembapan ruang, Teman Sehat!

Nah, buat kamu yang mau terhindar dari penyakit kusta, yuk jangan malas buat terapin hal-hal sederhana ini! Sebarkan juga informasi baik ini buat orang-orang yang kamu sayangi, ya Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *