Nyeri Haid? Coba Atasi dengan Ini!

Halo Teman Sehat! Kalau kamu udah baca artikel sebelumnya, pasti kamu tau kan kenapa nyeri haid itu bisa terjadi? Tapi, nyeri itu bisa diatasi loh. Mau tau gimana caranya? Yuk, simak!

Inilah rasa nyeri haid yang biasanya dirasakan wanita pada umumnya!

Biasanya, penderita nyeri haid akan merasakan kram di perut bawah, dengan nyeri yang menyebar ke punggung dan paha dan bisa seperti ditusuk-tusuk. Rasa ini bisa terjadi secara intermiten (hilang-timbul), diiringi rasa mual, muntah (jarang), diare atau sembelit, perut terasa penuh, sering berkemih, seolah menggigil, mudah marah/tersinggung, depresi dan juga berkeringat, Teman Sehat!

Jangan khawatir, kamu bisa loh bantu atasi nyeri haid.

Yap, Inilah 4 Hal yang Bisa Bantu Atasi Nyeri Haid!

1. Obat sesuai anjuran dokter

Obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID), misalnya: asam mefenamat, ibuprofen, celecoxib, naproxen bisa jadi bantuan awal saat nyeri udah ngga tertahan lagi, Teman Sehat! Nifedipine juga bisa dikonsumsi buat kasus nyeri haid yang parah. Sebelum itu, kamu wajib konsultasikan dengan dokter dulu, ya Teman Sehat!

2. Asupan vitamin dan mineral

Ternyata, asupan asam lemak omega-3, vitamin B1 (100 mg), B6 (100-200 mg), E (500 IU) dan magnesium (250-500 mg) bisa bantu kamu loh, Teman Sehat!

Ada juga terapi lain. Itulah terapi boron yang berperan penting buat megatur dan membentuk vitamin D. Suplementasi boron selama dua bulan diharapkan bisa mengurangi tingkat keparahan dan durasi nyeri haid.

3. Antagonis reseptor leukotriene

Pemberian celecoxib 400 mg (diikuti 200 mg q12h) dan naproxen sodium ternyata bisa bantu meredakan nyeri haid setelah satu jam pemberian. Lornoxicam 8 mg juga efektif meredakan nyeri haid, Teman Sehat! Sebelum membelinya, jangan lupa buat konsultasikan pada ahlinya ya!

4. Teh dan air hangat

Teh herbal dan air hangat yang dilekatkan pada perut bawah bisa bantu redakan nyei haid juga, Teman Sehat.

Sebelum nyeri haid, kamu bisa loh cegah munculnya nyeri dengan pola hidup yang baik ini. Salah satunya, hindari mengirup asap rokok, berhenti konsumsi alkohol, mengurangi konsumsi kafein, control berat badan, olahraga rutin, mencegah stres emosional dan cemas, makan makanan bergizi seimbang dan yang juga ngga kalah penting adalah tingkatkan spiritual diri.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa bantu kamu atasi nyeri haid, Teman Sehat! Gampang banget kan buat diterapin. Yuk, ajak sahabat-sahabat kamu buat menerapkan kebiasaan baik ini!

 

 

Oleh: dr. Dito Anurogo, dokter digital/online, penulis 19 buku, S-2 IKD Biomedis FK UGM, CEO-Founder Srikandi Forum Indonesia dan Sahabat Literasi Indonesia

Editor & Proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *