Panduan Gizi Seimbang Beberapa Negara di Dunia

Teman Sehat, kamu tau tentang gizi seimbang, kan? Yap, gizi seimbang merupakan panduan yang diterapkan di Indonesia, buat menjaga kesehatan dan mencegah masalah gizi. Panduan ini terdiri dari pengaturan jumlah dan jenis zat gizi pada pangan. Panduan ini, ternyata ngga dimiliki negara Indonesia aja, loh! Negara lain juga punya panduan gizi yang lain. Mau tau, apa aja? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Indonesia

Sumber: fa0.org

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Indonesia menggunakan panduan gizi seimbang sebagai panduan makannya. Awalnya, panduan ini dikenalkan pada tahun 1955, tapi panduan ini belum bisa menggantikan konsep “4 Sehat 5 Sempurna” yang diperkenalkan pada tahun 1952. Lalu, pada tahun 2014  panduan gizi seimbang mulai diterapkan lagi, dengan harapan penyampaian pesan dan penerapannya bisa lebih baik.

Teman Sehat, gizi seimbang terdiri dari dua panduan makan, yaitu Tumpeng Gizi Seimbang dan Piring Makanku. Tumpeng Gizi Seimbang, menjelaskan anjuran buat mengonsumsi makanan yang beragam, perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik, dan memantau berat badan. Sedangkan Piring Makanku, menjelaskan anjuran buat mengatur porsi jenis makanan yang dikonsumsi setiap kali makan.

 

Malaysia

Sumber : profhariz.com

Negara tetangga Indonesia, Malaysia memiliki panduan makan yang hampir sama, yaitu Piramida Makanan Malaysia. Piramida ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 dan diperbaiki pada tahun 2010. Pesan yang disampaikan panduan ini yaitu, mengonsumsi makanan yang beragam, menjaga berat badan, beraktivitas fisik, memberikan ASI eksklusif, dan membaca label pangan.

 

Cina

Sumber : fao.org

Menyesuaikan dengan kebudayaan di negaranya, Negara Tirai Bambu atau Cina menggunakan bentuk pagoda sebagai panduan makan buat masyarakatnya. Pagoda ini, terdiri dari lima tingkatan yang menggambarkan porsi yang dianjurkan sesuai dengan jenis pangannya. Selain itu, dijelaskan juga anjuran buat mengonsumsi air minum yang cukup dan melakukan aktivitas fisik.

 

Jerman

Sumber : buenasalud.net

Jerman memiliki panduan makanan berbentuk lingkaran yang di dalamnya terdapat sepuluh panduan mengonsumsi makanan dan minuman. Bagian lingkaran terbagi menjadi enam kelompok pangan, yaitu sereal dan kentang; sayuran; buah-buahan; susu dan produknya; daging, sosis, ikan, dan telur; dan lemak serta minyak.

Ukuran lingkaran semakin kecil dari kelompok pertama sampai terakhir,  yang menunjukkan semakin sedikit porsi yang digunakan. Di tengah lingkaran, ada gambar gelas yang menggambarkan konsumsi air minum.

Sedangkan tiga pesan yang ngga digambarkan, tapi penting buat prinsip ini, yaitu anjuran agar ngga terlalu lama memasak makanan, meluangkan waktu buat makan, mengawasi berat badan dan tetap aktif beraktivitas.

 

Amerika Serikat

Sumber : Chosemyplate.gov

Negeri Paman Sam, secara berkala mengganti panduan makannya sesuai dengan kondisi di negaranya. Versi terakhir dari panduan makan buat penduduk Amerika , yaitu Piring Makanku. Versi ini dikeluarkan pada tahun 2016 yang menggantikan  prinsip Piramidaku. Piring Makanku menjadi pengingat buat membantu setiap orang memilih makanan yang lebih sehat, dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, gandum, makanan berprotein, dan susu beserta olahannya.

Nah, sekarang kamu tau kan, apa aja panduan makanan di beberapa negara, termasuk di Indonesia? Yap, panduan makanan yang ada di berbagai negara, udah disesuikan dengan kebutuhan dan kondisi di negara masing-masing. Kalau di Indonesia, panduan gizi seimbang udah paling pas digunakan. Yuk, Teman Sehat mulai terapkan prinsip ini dari sekarang! Supaya kamu sehat kini, bahagia pasti!

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STp.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *