Pikirkan Ini Dulu Sebelum Kamu Mentato Tubuh!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu salah satu orang yang gemar mentato tubuh? Bagi sebagian orang, tato dianggap keren dan indah. Tapi, ketahuilah dampak kesehatan tato buat tubuh kamu, Teman Sehat! Gimana sih dampak tato buat tubuh kamu? Yuk, simak penjelasan berikut!

Teman Sehat, ternyata tato sudah digunakan di berbagai dunia sejak ribuan tahun yang lalu, loh! The Council on Health Disease Prevention bahkan pernah menyatakan kalau zaman dulu, tato dianggap sebagai penyembuhan gangguan sendi. Apa benar begitu? Semakin lama, prevalensi penggunaan tato semakin meningkat. Saat ini, tato dikenal sebagai tren internasional, Teman Sehat!

Penting juga kita ketahui kalau ngga semua dari mereka yang membuat tato itu bahagia, loh Teman Sehat! Sebuah laporan dari The Council on Health Disease Prevention juga pernah menyatakan bahwa sebagian dari mereka yang bertato menyesal karena takut dianggap buruk oleh masyarakat. Selain itu, ngga sedikit juga dari mereka yang menyesal atas desain tato yang ternyata ngga sesuai dengan harapan, Teman Sehat!

Buat kamu yang berencana mentato tubuh, selain “keunikan” yang kamu harapkan, perhatikan juga dampak kesehatannya, ya Teman Sehat!

Beberapa dampak buruk risiko kesehatan ini bisa aja kamu alami setelah mentato tubuh, Teman Sehat!

Infeksi virus

Teman Sehat, berbagai virus seperti Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, human immunodeficiency virus (HIV) transmitting acquired immunodeficiency syndrome (AIDS). Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus dan reaksi toksik terhadap obat-obatan, alkohol atau zat kimia. Sedangkan AIDS adalah penyakit yang terjadi secara spesifik pada sistem imun manusia Penggunaan alat tato yang ngga hygiene dan bekas dipakai berulang bisa meningkatkan risiko penyebaran virus, Teman Sehat!

Infeksi bakteri

Infeksi bakteri yang mungkin kamu alami yakni tetanus dan tuberkulosis, Teman Sehat. Tetanus adalah penyakit infeksi pada sistem saraf pusat yang disebabkan oleh bakteri tetanus bacillus. Tuberkulosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Infeksi jamur

Infeksi jamur bisa disebabkan oleh penggunaan alat tato yang ngga higenis setelah dipakai berulang kali, Teman Sehat. Infeksi jamur ini bisa menjadikan kulit kamu ngga sehat dan ngga indah lagi.

Penyakit non infeksi

Inflamasi akut berhubungan dengan adanya luka jaringan kulit atau akibat injeksi pigmen atau metal ke dalam tubuh. Selain itu, reaksi alergi yang ditunjukkan dengan sesak nafas, demam, asma, atau kulit juga bisa terjadi setelah kamu mentato tubuh, Teman Sehat!

Nah, udah tau kan gimana dampaknya tato buat tubuh kamu? Semoga bermanfaat, ya Teman Sehat!  

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *