Punya Kebiasaan Makan Malam Berlebih sekaligus Gangguan Tidur? Jangan-Jangan Kamu Mengalami Gangguan Ini!

Halo Teman Sehat! Dari artikel sebelumnya kita udah tahu kalau kunci untuk mengatasi kebiasaan ngemil di malam hari adalah self control dan mencoba untuk lebih disiplin, tapi gimana kalau ternyata kegiatan ngemil atau makan di malam hari itu merupakan tanda-tanda dari Night Eating Syndrome—yang mana merupakan sebuah gangguan makan yang cukup serius?

Apa itu night eating syndrome?

Night Eating Syndrome (NES) merupakan gabungan dari gangguan makan dan gangguan tidur. NES berbeda dengan gangguan Sleep Related Eating Disorder (SRED), atau gangguan di mana penderita bisa makan saat sedang tidur atau dalam kata lain: ngelindur. Kedua gangguan tidur dan makan ini beda banget, yang membedakan keduanya adalah kesadaran si penderita. Penderita SRED ngga bisa mengingat kalau semalam dia makan sambil tidur, sedangkan pada NES, penderita sepenuhnya sadar kalau dia sedang makan dan mereka percaya mereka ngga akan bisa tidur kalau mereka ngga makan.

Orang dengan NES merasa kalau diri mereka ngga bisa mengontrol pola makan dan seringkali merasa malu dan bersalah atas kondisi mereka. Perasaan-perasaan tertekan itu bisa menyebabkan depresi juga loh!

Apa aja gejala NES?

Umumnya gejala NES berlangsung paling ngga selama dua bulan dan dirasakan seperti ini:

  • Mengambil porsi sarapan sedikit sekali atau ngga sarapan sama sekali karena nafsu makan yang menurun di pagi hari
  • Makan lebih banyak setelah waktu makan malam dibandingkan dengan porsi makan malam itu sendiri
  • Bangun terulang dari tidur dan butuh makan untuk bisa tidur kembali

Penderita NES umumnya adalah mereka yang mengalami obesitas. Kelompok obes ini juga rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti hipertensi, diabetes dan dislipidemia.

Orang dengan NES juga sering ditemukan sebagai pencandu narkoba serta mengalami riwayat depresi. Mereka biasanya merasa tertekan di malam hari dan tentunya sering mengalami gangguan tidur.

Gimana NES diobati?

Sama seperti gangguan makan lainnya, pengobatan NES pun membutuhkan kombinasi dari beberapa terapi yang dilakukan oleh seseorang yang profesional.

Perawatan untuk NES biasanya dimulai dengan menjelaskan pada penderita mengenai kondisi mereka sehingga mereka lebih sadar dengan pola makan dan bisa mulai mengidentifikasi pemicu yang mempengaruhi cara makan mereka.

Perawatan NES juga termasuk penilaian nutrisi, peningkatan aktifitas fisik, dan berbagai kombinasi terapi seperti terapi kognitif-perilaku, terapi perilaku dialektik, terapi interpersonal, dan manajemen stres.

Penting banget bagi penderita NES untuk mengubah perilaku mereka dengan terlebih dahulu mengubah keyakinan mereka. Kalau mereka percaya bahwa mereka ngga bisa mengubah cara makan mereka, tentunya mereka ngga akan bisa berubah.

Bagaimana pendapat Teman Sehat?

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

 

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *