Rahasia Kemenangan Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan yang Tidak Semua Orang Tau

Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan. Pernahkah kamu mendengar 2 nama itu?

sri wahyuni

Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan adalah atlet pahlawan bagi Indonesia yang berhasil memperoleh medali perak untuk cabang olahraga angkat beban pada olimpiade Rio 2016.

Dalam mencapai kemenangannya, mereka memiliki 1 rahasia besar yang bisa kita contoh untuk mecapai kemenangan-kemenangan lain versi kita.

Teman Sehat, pernahkah mendengar istilah stres ‘baik’ dan stres ‘buruk’? Apa yang ada dibayangan kamu terkait dua hal tersebut?

Ternyata, stres juga dapat berdampak positif loh bagi kesaharian kita. Kita bisa mengambil contoh stres yang dialami oleh para atlet, termasuk Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan.

Stres merupakan suatu kondisi fisiologis dan psikologis dimana seseorang melihat ancaman terhadap sesuatu keadaan yang mungkin tidak dapat dipenuhi, atau dengan kata lain dibawah tekanan untuk mencapai sesuatu yang ideal.

Pada saat seseorang mengalami stres, maka terdapat suatu persepsi yang dihasilkan, dapat bersifat positif atau negatif.

Eustress dan segala manfaatnya

Eustress atau yang kemudian kita kenal sebagai stres ‘baik’ merupakan anggapan bahwa tekanan dari stres itu adalah suatu tantangan. Hal ini menimbulkan peningkatan energi dan motivasi diri.

Pada seorang atlet, jenis stres ini terutama yang dicari-cari karena dapat bermanfaat untuk performa mereka yaitu dengan membantu mereka untuk fokus dan meningkatkan motivasi internal. Selain itu, eustress juga mendorong diri para atlet untuk melewati limit diri untuk meningkatkan skill.

Distress dan segala keburukannya

Sebaliknya, distress atau stres ‘buruk’ adalah saat dimana kita menganggap segala sesuatu secara negatif. Akibat dari distress adalah dihasilkannya hormon stres yang dapat meningkatkan perasaan khawatir, gelisah, dan minder berlebih, serta dampak jangka panjang lain yang membahayakan kesehatan tubuh seperti kadar gula darah atau tekanan darah yang tidak stabil. Hal ini tentu saja membuat performa kerja semakin tidak baik, kan?

Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan adalah 2 contoh atlet yang sukses mengeloloa stres-nya. Mereka menjadikan olimpiade Rio sebagai tantangan yang harus mereka hadapi, bukan justru menjadi beban berat yang patut ditakuti.

Jadi sudah terbukti, mengelola stres sangatlah penting kan Teman Sehat?

Yuk, tuliskan pendapatmu di kolom komentar! (agt&don)

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *