Remaja Cantik, Aktif dan Bebas Anemia? Siapa Takut!

Halo, Teman Sehat! Kamu remaja cantik yang aktif dengan segudang aktivitas? Pasti ngga mau dong, kalau aktivitasnya terhambat, karena kamu terlihat lesu, pucat, dan ngga bertenaga, akibat gejala anemia. Yap, anemia merupakan penyakit yang disebabkan rendahnya kadar hemoglobin di dalam darah (dibawah 12 gr/dL). Nah, supaya aktivitas kamu ngga terganggu, yuk simak apa aja yang harus kamu lakukan supaya terhindar dari anemia. So, let’s check it out!

1. Konsumsi makanan yang tinggi zat besi

 

Zat besi merupakan salah satu penyusun komponen darah loh, Teman Sehat! Jadi secara ngga langsung, zat besi bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh. Nah, kamu bisa mendapatkan makanan dengan sumber zat besi yang tinggi dari sumber pangan hewani, seperti hati dan danging merah. Selain itu, sumber zat besi, juga bisa kamu temui pada sumber pangan nabati, seperti sayur-sayuran yang berwarna hijau (brokoli, bayam, dan selada air).

2. Konsumsi suplemen dan vitamin

Sebagai remaja yang aktif dan tergolong dalam usia subur, ternyata kadar hemoglobin di dalam darah penting banget, loh. Hemoglobin dibutuhkan saat kamu menikah dan hamil. Walaupun renca menikahnya masih lama, tapi kamu bisa mulai menabung hemoglobin dari sekarang dengan meminum suplemen zat besi satu kali dalam seminggu.

Saat haid, kamu juga direkomendasikan untuk meminum satu tablet suplemen zat besi setiap harinya. Ini dilakukan buat mengantisipasi adanya kehilangan zat besi pada tubuh. Selain itu, konsumsi suplemen vitamin C juga bisa membantu penyerapan zat besi pada makana yang kamu konsumsi.

3. Hindari minum teh dan kopi setelah makan

Teh dan kopi bukan penyebab anemia secara langsung ya, Teman Sehat! Tapi, bukan berarti kamu boleh minum teh dan kopi setelah makan, loh. Ada satu zat yang perlu kamu perhatikan, yaitu tanin. Tanin merupakan senyawa yang ada pada teh dan kopi, yang akan mengikat zat besi dari makanan yang kamu konsumsi.

Jadi, kamu harus perhatikan ya, kapan waktu yang pas untuk minum teh dan kopi. Jangan sampai, makanan mengandung zat besi yang kamu konsumsi, terikat oleh tanin dan ngga diserap oleh tubuh. Teh dan kopi tetap bisa kamu minum saat ngemil di pagi atau sore hari.

Yuk, Teman Sehat perhatikan kesehatan kamu! Sebagai remaja cantik dan aktif, anemia bisa mengurangi aktivitas dan produktivitas, loh. Jangan lupa lakukan tiga hal tadi ya, supaya kamu terbebas dari anemia. Remaja cantik, aktif dan bebas anemia? Siapa takut!

 

Editor & Proofreader: Firda Shabrina

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *