Sampo vs Teh Hijau, Senjata Ampuh untuk Memerangi Ketombe

Halo Teman Sehat! “KETOMBE” siapa sih yang pede dan betah kalo ada ketombe yang nempel di kepala dan jatuh di pundak atau baju? Apalagi kalau memakai baju hitam, ketompe bikin makin ngga pede. Ketombe bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kulit kepala yang kering, iritasi, kulit berminyak, jarang keramas, eksema atau eksim, psoriasis, sensitif terhadap produk perawatan rambut, serta infeksi jamur Malassezia.

Nah, kali ini kita akan membahas ketombe yang disebabkan oleh jamur. Menurut American Osteopathic College of Dermatology (AOCD), penyebab ketombe adalah penumpukan sel kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala. Mungkin sedikit terasa gatal, tapi sejatinya ngga ada kemerahan atau kudis. Jika kondisi ketombe udah semakin parah, mikroorganisme seperti jamur bisa berkembang dan memperburuk kondisi kulit kepala.

Apakah Temen Sehat kerepotan mengatasi masalah kulit yang satu ini? Karena ketombe adalah proses alami, jadi ketombe ngga bisa dihilangkan, tapi hanya bisa dikendalikan. Yuk, simak cara terbaik untuk mengendalikan ketombe berikut ini!

Gunakan sampo anti-dandruff

Untuk melawan ketombe, Teman Sehat bisa keramas lebih sering dengan menggunakan sampo yang mengandung obat-obatan, seperti selenium sulfida (Selsun Blue), zinc pyrithione (kepala & bahu, ZNP), atau Nizoral AD. Untuk kasus yang lebih parah, coba lah sampo yang mengandung tar (Ionil T, T / gel, Pentrax) atau belerang (Meted atau Sebulex). Obat-obatan yang terkandung dalam sampo ini bekerja dengan cara menghentikan reaksi sistem imun yang berlebihan. Jadi, kulit kepala ngga akan terasa gatal dan mencegah kita menggaruk kepala yang berpotensi menyebabkan infeksi.

Gunakan teh hijau

Ketimbang menggunakan zat-zat kimia, Teman Sehat juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur untuk terapi pengendalian kotombe. Salah satunya adalah teh hijau! Cara menggunakannya simpel banget loh, cukup dengan menyeduh teh hijau dalam secangkir air hangat, tunggu sampai dingin, kemudian oleskan aja ke kulit kepala. Teh hijau mengandung polifenol yang disebut juga EGCG yang terbukti ampuh membasmi ketombe. Tapi jangan tergiur dengan sampo yang mengandung ECGC ya Teman Sehat, karena polifenol pada teh hijau ngga akan berfungsi kalau digabungkan sama senyawa kimia lain. Pilih yang alami aja ya!

Nah, ternyata simpel banget kan buat mengatasi si putih-putih yang memenuhi kepala? Teman Sehat mau lebih tertarik dengan treatment yang mana? Yuk, share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *