Sebelum Terlambat, Jaga kesehatan Tulang dengan 4 Hal Ini!

Halo Teman Sehat! Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang bisa menurun. Penurunan ini bisa berupa penurunan densitas tulang. Nah, buat kamu yang masih mau punya tulang yang sehat, terapkan hal-hal baik yang bisa jadikan tulangmu makin kuat, Teman Sehat! Check this out!

Tulang secara konstan akan beregenerasi. Sel tulang yang tua akan digantikan dengan sel tulang yang baru. Bagi sebagian besar orang, massa tulang akan mencapai puncaknya selama dekade ketiga kehidupan atau usia 30-an. Setelah ini, terjadi penurunan regenerasi sel tulang lama oleh sel tulang yang baru sehingga jumlah sel tulang terus menurun seiring penuaan yang terjadi. Selain akibat penuaan, proses penurunan komposisi tulang juga bisa terjadi akibat gaya hidup, penyakit kronis atau efek pengobatan.

Jaga kesehatan tulang ternyata ngga susah loh, Teman Sehat! Kamu bisa terapkan 4 langkah sederhana ini!

Inilah 4 Cara Buat Jaga Kesehatan Tulangmu!

1. Aktifitas Fisik

National Institutes of Health Osteoporosis and Related Bone Disease mengungkapkan kalau aktifitas fisik jadi salah satu langkah yang bisa bantu kamu tuk jaga kesehatan tulang, loh Teman Sehat! Yap, aktifitas fisik seperti berjalan, menaiki tangga, bersepeda menuju tempat kerja jadi sesuatu yang gampang buat di lakukan. Mungkin, di awal kamu akan merasa gampang lelah, tapi setelahnya, mungkin kamu bisa merasa aneh kalau ngga melakukan hal baik itu, Teman Sehat!

2. Cukupi Vitamin D

Kesehatan tulang memang berhubungan banget sama kecukupan vitamin D, Teman Sehat. Lalu, darimana aja kita bisa dapetin vitamin D? Yap, hal paling gampang yang bisa kamu dapatkan adalah dengan membiarkan badan kamu terpapar cahaya matahari pagi selama 10 menit.

Baca juga : Ternyata, Vitamin Ini Bisa Cegah Leukemia

3. Menghindari Asap Rokok

Teman Sehat, ternyata, risiko pengeroposan tulang lebih banyak terjadi pada seseorang yang merokok. Tembakau, nikotin dan zat kimia lain yang ada pada rokok dinilai bersifat toksik dan menghambat penyerapan kalsium dan zat gizi lain yang berperan mendukung kesehatan tulang.

4. Menghindari Konsumsi Alkohol

Sebuah publikasi juga menyebutkan kalau konsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko osteoporosis dan peretakan tulang. Ngga hanya buat mencegah pengereporosan tulang, menghindari konsumsi alkohol juga baik buat bantu cegah munculnya penyakit lain termasuk penyakit tidak menular, loh Teman Sehat!

Baca juga : 5 Bahaya Minuman Keras bagi Organ Vital Tubuh

Nah, itulah 4 hal sederhana yang bisa bantu kamu tuk jaga kesehatan tulang. Lalu, bagaimana kamu mau memulainya? Yuk, share di kolom komentar!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *