Sertifikasi Halal yang Menjadi Tantangan dan Peluang bagi Industri!

Halo Teman Sehat! Apa kamu sering mengecek label halal sebelum membeli produk tertentu? Menurut kamu, seberapa penting sih label halal buat kamu? Ternyata, buat pelaku industri, sertifikasi halal bisa jadi tantangan dan peluang, loh Teman Sehat. Sebagaimana kita ketahui kalau kehalalan adalah hak bagi konsumen khususnya konsumen muslim.

Teman Sehat, ada tiga hal yang jadi paradigma produk, yakni “layak untuk dikonsumsi”, “aman untuk dikonsumsi” dan khususnya di Indonesia yang mayoritas beragama islam, yang ketiga adalah “halal untuk dikonsumsi”.

Kata “Halal” berasal dari bahasa Arab yang berarti diperbolehkan, diterima dan legal. Menurut Undang Undang No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Pasal 4, produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di Indonesia wajib  bersertifikat halal, kecuali untuk Produk Haram (pasal 26).

Pelaku industri seperti kosmetik, obat, produk kimiawi, produk biologi ngga lepas dari kewajibannya memiliki sertifikasi halal. Terlepas dari keunggulan produk yang bersertifikat halal, kebijakan halal ini bisa jadi tantangan dan peluang juga buat pelaku industri loh, Teman Sehat!

Mau tau tantangan dan peluang apa yang dihadapi pelaku industri menghadapi sertifikasi halal di Indonesia? Yuk, simak!

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Ir Mulyorini R. Hilwan, M.Si selaku Kepala Bidang Auditing LPPOM MUI dalam acara Seminar Nasional PHASE UI 84 bertemakan “Peran Apoteker dalam Menjamin Sediaan Farmasi yang Aman, Bermutu, Bermanfaat, dan Tejangkau di Indonesia” pada 09 September 2017 di Universitas Indonesia, beberapa hal ini bisa jadi tantangan dan peluan buat kamu yang mungkin salah satu pelaku industri, Teman Sehat!

Tantangan yang bisa kamu siapkan selaku pelaku industri dalam menghadapi kebijakan halal:

  • Mungkin aja ingredient atau formula yang cuma tersedia di luar negeri belum mempertimbangkan aspek kehalalan sehingga sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kehalalan ingredient tersebut sebelum sampai di Indonesia. FYI, penggantian bahan/proses perlu research and development dan persetujuan yang ngga sebentar loh, Teman Sehat!
  • Berpeluang terkontaminasi dengan produk lain yang belum pasti halal.
  • Kompleksnya Sistem Jaminan Halal yang penting dipelajari.

Lalu, dengan adanya sertifikasi halal di Indonesia, apa sih peluangnya buat kamu pelaku industri?

  • Biasanya, tersedia informasi tentang sumber bahan terkait pada dokumen bahan seperti dokumen bahan farma sehingga ini bisa menjadi bahan penelitian yang bisa digali lebih lanjut.
  • Dengan adanya sertifikasi halal, ini mendorong  kehalalan sistem research and development sejak awal dilakukan.
  • Sertifikasi halal bisa membantu membangun kepercayaan konsumen muslim pada produk, loh Teman Sehat!

Nah, itulah tadi beberapa tantangan dan peluang yang mungkin dihadapi pelaku industri dengan adanya sertifikasi halal. Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts