Si Kecil Minta Smartphone? Yuk, Lakukan 3 Hal Ini!

Halo, Teman Sehat! Gimana puasanya? Semoga tetap semangat ya. FYI, di zaman milenieal ini, semua orang pasti ngga bisa lepas dari smartphone ya kan? Apalagi di jam ngabuburit, biasanya buat kepo tempat bukber dan menu berbuka. Nah, ternyata hal ini juga dialami si kecil yang masih bersekolah di tingkat dasar dan tergolong dini buat menggunakannya.

Banyak pro dan kontra tentang penggunaan smartphone buat si kecil. Tapi, sebenarnya boleh ngga ya, si kecil menggunakannya sejak dini? Kamu mau tau jawabannya? Let’s check it out!

Pastikan beberapa hal ini

Sebelum membelikan smartphone buat si kecil, kamu bisa memastikan bahwa si kecil memahami batas penggunaannya. Lalu, pastikan bahwa penggunaannya akan mempermudah kamu dan si kecil buat stay contact, jika dalam kedaan darurat, dan pastikan bahwa si kecil bisa dipercaya buat ngga menggunakan smartphone saat bersama dengan keluarga.

Nah, jika kamu udah memastikan bahwa si kecil bisa melakukan beberapa hal di atas, saatnya kamu memberikan smartphone-nya dengan memperhatikan tiga tips ini. Yuk, simak penjelasannya!

1. Keamanan

Pastikan kamu tetap mengaktifkan remote locate buat mengunci, menelusur, dan  menghapus semua informasi secara remote, jika  smartphone si kecil tertinggal atau dicuri. Kamu bisa menggunakan aplikasi buat menunjang sistem keamanan ini.

Selain itu, pastikan kamu memasukkan nomor kontak keluarga ke dalam smartphone si kecil. Sehingga kalau dalam keadaan darurat, si kecil maupun orang yang menolong akan lebih mudah buat menghubungi kamu.

2. Penggunaan data

Agar penggunaan smartphone ngga berlebihan, kamu bisa mengatur penggunaan datanya. Jika sudah mencapai batasnya, maka smartphone ngga akan bisa mengakses internet lagi. Komunikasikan hal ini dari awal, saat kamu memberikan smartphone buat si kecil. Sehingga si kecil bisa mengatur “jatah” data yang sudah diberikan. Hal ini dilakukan agar si kecil ngga terpapar dengan akses dunia internet sepanjang hari.

 3. Social media dan aplikasi

Ngga bisa dipungkiri, sekarang banyak pengguna sosial media dan beberapa aplikasi games yang masih dibawah umur. Jika si kecil salah satunya, maka kamu harus mengawasi kegiatan bersosial media dan penggunaan data informasi pribadi yang diminta.

Jika si kecil belum cukup umur buat mengisi data pribadi pada akun sosial media atau aplikasi lainnya, gunakanlah data pribadi kamu sebagai sumber informasi. Tapi, jika si kecil sudah cukup umur, kamu tetap harus memantau dan memastikan data apa aja yang tersebar secara umum. Jangan sampai alamat rumah dan sekolah si kecil tersebar.

Selain itu, jangan lupa buat mengaktifkan ‘safe search filter’ di Google, yang akan memblokir konten yang kurang pantas buat dilihat dan dibaca oleh si kecil di mesin pencari pada internet.

Walau terdengar rumit, tapi ini penting banget loh, Teman Sehat. Terapkan 3 hal ini sebelum kamu memutuskan memberi smartphone buat si kecil. Jika dari awal si kecil sudah diberikan aturan seperti ini, maka kamu akan lebih mudah buat mengevaluasi penggunaannya. Well, jika bukan kamu yang melindungi keamanan si kecil dari cyber crime, lantas siapa lagi?

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *