Suka Makan Ikan? Yuk, Pelajari Cara Menyimpan Ikan yang Benar Di Sini!

Halo Teman Sehat! Sebagai salah satu negara maritim, ikan jadi salah satu makanan yang melimpah di sekitar kita. Tapi sudahkah kita tau cara menyimpan ikan yang benar? Yuk simak penjelasan berikut!

Teman Sehat, ikan jadi salah satu lauk favorit bagi sebagian besar dari kita. Selain rasanya yang enak, ikan jadi sumber protein yang baik buat tubuh. Membeli ikan dalam jumlah lebih dan disimpan terlebih dahulu agar ngga repot kembali pergi belanja udah jadi kebiasaan umum.

Tapi, tau kah Teman Sehat bahwa ikan segar sewajarnya hanya tahan selama 2 hari kalau di simpan dalam chiller kulkas sebelum dikonsumsi di hari-hari selanjutnya? Lalu, saat ingin diolah, mungkin saja ikan akan tercemar oleh berbagai kontaminan. Nah, ikan yang penanganannya ngga baik itu kalau dimakan bisa memicu munculnya foodborne disease atau penyakit akibat mengonsumsi makanan yang tercemar kontaminan, loh.

So, penyimpanan yang benar jadi titik kritis sebelum pengolahan ikan, Teman Sehat. Buat kamu yang ngga mau sakit karena penyimpanan yang ngga benar, coba simak penjelasan berikut ini, Teman Sehat!

Cara menyimpan ikan

Seperti yang udah dijelaskan di atas bahwa waktu rata-rata penyimpanan ikan dalam chiller kulkas adalah 2 hari. Lalu, gimana kalau kita ngga bisa menghabiskannya dalam waktu 2 hari? Maka, ikan perlu dibekukan dan disimpan dalam freezer bukan?.

Nah, beberapa hal ini bisa kamu lakukan buat memperlama daya simpan ikan, Teman Sehat!

Penyimpanan dalam chiller kulkas/ lemari pendingin:

  • Keluarkan ikan dari tempat/plastik pembungkus.
  • Bilas dengan air dingin dan gunakan handuk kertas/tisu buat mengeringkan ikan.
  • Tempatkan ikan berwadah di atas rak, usahakan ikan tidak tumpang tindih. Rak ini berfungsi menjaga ikan supaya ngga terendam apabila es mencair.
  • Masukan es yang pada kontainer/wadar besar. Jika kalian menggunakan cara ini lebih dari 1 hari, ganti es apabila telah mencair.
  • Tutup wadah dengan kencang dan letakkan dalam kulkas pada bagian yang paling dingin (akan lebih baik lagi kalau kulkas/lemari pendingin dikondisikan pada suhu 4-5 derajat celcius atau lebih rendah).

Penyimpanan dalam freezer:

  • Keluarkan ikan dari tempat/plastik pembungkus.
  • Bilas dengan air dingin dan gunakan handuk kertas/tisu buat mengeringkan ikan.
  • Masukkan ikan ke dalam kantong freezer atau kontainer.
  • Beri label dan beri tanggal sesuai ikan dimasukkan dalam freezer pada kontainer.
  • Masukkan dalam freezer dan set pada 0 derajat atau lebih dingin lagi.
  • Buat rasa dan kandungan gizi terbaik, konsumsi ikan dalam jangka waktu ngga lebih dari 2 minggu.

menyimpan ikan

Sekarang udah tau kan cara menyimpan ikan yang baik? Walaupun sekilas terlihat rumit namun bukan berarti ini ngga mungkin buat dilakukan loh, apalagi demi kesehatan. Jangan lupa diterapkan ya, Teman Sehat!

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *