Ternyata 4 Minuman Ini Ngga Sepenuhnya Berbahaya buat Ibu Hamil!

Halo Teman Sehat! Kamu pasti tau kan kalau masa kehamilan adalah masa ‘kritis’ pemenuhan zat gizi. Seringkali, ibu hamil dilarang meminum minuman tertentu. Padahal, mereka yang melarangnya terkadang ngga tau alasan dibalik larangan tersebut atau kadang cuma menjawab ‘yaa kata orang tua dulu’.

Nah, hal-hal hal yang seperti inilah yang sering bikin ibu hamil jadi parno buat minum sesuatu, walau mungkin sebenernya dokter pun ngga melarangnya, Teman Sehat. Jadi, minuman apa aja yang sepenuhnya ngga berbahaya buat ibu hamil? Simak penjelasannya dibawah ini, Teman Sehat!

1. Susu sapi

Teman Sehat, susu sapi jadi salah satu minuman yang baik buat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral kalsium. Memang, ngga sembarang susu sapi itu aman buat ibu hamil. Pastikan ibu hamil mengonsumsi susu yang telah melalui proses pasteurisasi ya, Teman Sehat! Atau susu UHT kemasan yang juga telah terbukti aman. So, jangan takut buat konsumsi susu sapi selama hamil ya, Teman Sehat!

2. Teh

Minuman satu ini cukup sering dikatakan ngga aman buat ibu hamil karena mengandung kafein. Tapi ternyata, riset menunjukkan kalau ibu hamil tetap boleh mengonsumsi kafein dalam kadar yang normal, yaitu sebanyak ngga lebih dari 200 mg per harinya atau setara dengan sekitar 1 gelas. Selama ibu mampu menjaga konsumsi kafein dibawah kadar ini, maka teh jadi salah satu minuman yang bisa dinikmati dengan aman selama kehamilan!

3. Kopi

Nah, sama halnya dengan teh, kopi juga mengandung kafein yang artinya aman dikonsumsi jika ibu hamil bisa membatasi jumlahnya per hari. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa ibu yang suka minum kopi dalam jumlah minimal saat kehamilan, cenderung ngga melahirkan bayi dengan IQ yang lebih rendah dibandingkan ibu yang menjauhi kopi selama kehamilan, Teman Sehat!

Ditemukan juga loh ternyata ngga ada hubungan yang signifikan antara konsumsi kopi selama kehamilan dengan kebiasaan bayi bangun di malam hari. Jadi, ngga usah takut buat konsumsi kopi selama kehamilan asal tetap dijaga jumlahnya ya, Teman Sehat!

4. Minuman bersoda

Wow, ternyata minuman bersoda juga bisa digolongkan sebagai minuman yang aman buat ibu hamil. Apa iya, Teman Sehat? Tapi, ada hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, khususnya kadar gula yang terkandung di dalam soda. Apalagi, ada fakta yang menyebutkan kalo minuman soda biasanya mengandung gula buatan.

Walaupun ada minuman bersoda yang less sugar, sebaiknya tetap batasi konsumsinya sesuai kebutuhan supaya ngga terjadi gangguan kesehatan nantinya, ya Teman Sehat!

Nah, gimana penjelasan diatas? Jadi, buat kamu yang lagi hamil, minuman di atas ngga sepenuhnya berbahaya, asalkan tetap dalam batas aman ya, Teman Sehat! Terlepas dari itu, minum air putih tetap jadi air minum yang paling baik loh, Teman Sehat!

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *