Ternyata, 5 Olahraga Ini Cukup Popular di Asia

Halo Teman Sehat!

Kamu tau kan kalau Asia jadi benua dengan populasi terbanyak di dunia?  Selain itu, luas benua Asia ternyata memenuhi sekitar 30 persen dari daratan bumi dan mengisi sekitar 8.66 persen dari total permukaan bumi. Kebudayaan Asia sangat beragam mulai dari bahasa, busana, keyakinan, tradisi atau kebiasaan kehidupan sehari-harinya, termasuk olahraganya. Kebiasaan olahraga jadi salah satu perhatian penting buat dukung status kesehatan suatu wilayah, loh Teman Sehat! Lalu, olahraga apa ya yang populasi di benua dengan populasi terbanyak ini? Yuk, Simak!

Inilah 5 Olahraga Popular di Asia

1. Cricket

Setelah popular di Eropa, olahraga ini menyebar luas dan juga popular di Asia terutama di Pakistan, India, Sri Lanka dan Bangladesh. Tujuan permainan cricket yakni mencetak lebih banyak angka dibandingkan tim lawan. Diperlukan dua tim dengan masing-masing terdiri dari sebelas orang buat memainkannya, Teman Sehat!

Cricket sering dianggap serupa dengan kasti. Tapi ternyata beda loh, Teman Sehat! Pemukul pada permainan ini hanya perlu bolak-balik di dalam pitch dan ngga perlu mengelilingi lapangan habis memukul. Selain itu, permainan ini ngga dibatasi waktu, sampai-sampai ada juga permainan cricket yang berlangsung sampai lima hari. Sejak tahun 2000an, Cricket telah dimainkan di Indonesia dan pada tahun 2001, Indonesia telah bergabung dalam International Cricket Council, Teman Sehat!

2. Polo

Awalnya, polo dimainkan oleh penduduk Asia Tengah sebagai olahraga sekaligus latihan perang. Kemudian, olahraga ini banyak dimainkan di negara-negara Asia termasuk Pakistan, India, Malaysia, Arab Saudi, Filipina dan Indonesia. Permainan ini seru banget buat kamu yang menyukai tantangan karena selain kemampuan mengarahkan bola berukuran kecil, kamu juga harus mahir berkuda, Teman Sehat! Mau coba?

3. Hockey

Hockey ditemukan di Irlandia dan Yunani Kuno pada ribuan tahun yang lalu. Ini adalah permainan beregu yang menggunakan stik sebagai alat yang dipakai buat memasukkan bola ke gawang. Hoki bisa dimainkan di dalam dan di luar lapangan. Permainan ini juga membutuhkan kemampuan kerjasama yang baik antar anggota tim.

4. Badminton

Olahraga yang menggunakan raket dan shuttlecock sebagai “bola” nya ini memang sering ditemui hampir di semua kalangan masyarakat termasuk di Indonesia. Yap, permainan yang bisa dimainkan di dalam dan di luar ruangan ini bisa bantu kamu buat melatih core muscle, oto lengan dan otot punggung loh, Teman Sehat!

5. Tenis Meja

Olahraga yang terkenal dengan sebutan Ping-Pong ini ditemukan oleh J.Jaques dan anak laki-lakinya pada akhir tahun 1800an. Permainan ini menyenangkan dan punya risiko cedera yang rendah, loh Teman Sehat!

Nah, itulah lima olahraga yang cukup popular di Asia, Teman Sehat. Yuk, lestarikan kebiasaan berolahraga demi masa depanmu yang tetap sehat.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *