Tips Kulit Sehat ala Suku Bugis

Halo Teman Sehat! Mempunyai kulit bersih, sehat dan kinclong merupakan dambaan setiap perempuan. Berbagai tren perawatan kulit seperti spa, facial, totok wajah banyak ditemukan di berbagai daerah. Sejarah budaya perawatan tubuh di Indonesia udah dimulai sejak munculnya berbagai suku di Indonesia. Sayangnya, karena budaya ini ngga terlalu dipelajari, maka keberagaman jenis perawatan tubuh tradisional di Indonesia mulai terlupakan. Perawatan tubuh ngga hanya soal jasmani, tetapi juga memiliki arti yang lebih luas, yakni menyatukan kesehatan mental, tubuh dan spiritual individu.

Nah Teman Sehat, ada beberapa tips alami dalam merawat tubuh yang digunakan oleh beberapa suku di Indonesia, salah satunya dari Suku Bugis. Penasaran?

1. Bedak tettu

Masyarakat suku Bugis-Makassar, jika hendak beraktivitas di bawah terik matahari selalu menggunakan resep tradisional untuk kulit mereka. Bedak tettu namanya! yang bisa digunakan sebagai penghalang dari sengatan matahari. Bahan-bahan yang digunakan pun alami dan sangat mudah ditemukan. Ramuan tradisional ini dibuat dengan bahan-bahan seperti beras, kunyit dan temulawak. Cara membuat bedak tersebut mudah, beras ditumbuk hingga halus setelah itu dicampur dengan kunyit dan temulawak. Kemudian ditumbuk lagi hingga tercampur dan halus, setelah itu dijemur agak kering dan siap dipakai sebagai bedak. Selain menghalau dari sengatan matahari, bedak tettu juga sebagai obat agar kulit wajah ngga mengalami jerawat serta untuk mengencangkan kulit. Teman Sehat berani mencoba?

2. Cangkang telur

Resep perawatan turun-temurun dari leluhur untuk menjaga wajah kinclong masih dilakukan oleh masyarakat suku Bugis. Resep andalan perawatan tubuh warisan leluhur itu menggunakan cangkang telur ayam kampung yang baru dieram dan masih hangat jika dipegang. Telur diusap ke wajah dengan keyakinan kulitnya akan menjadi mulus dan bersih seperti kulit telur. Untuk faedahnya tergantung keyakinan masing-masing, ingin tau hasilnya? Silahkan dicoba!

3. Bedda Lotong

Bedda Lotong alias bedak hitam merupakan ramuan alami suku bugis yang terlupakan karena tergantikan oleh perawatan modern. Rahasia kecantikan yang bermanfaat untuk memutihkan serta mengencangkan kulit tubuh ini telah digunakan sejak zaman dulu oleh berbagai kalangan wanita suku bugis. Manfaat bedda lotong yaitu membantu meregenerasi kulit rusak atau mati, mencegah penuaan dini pada kulit, memperlancar aliran darah dan menangkal sinar ultraviolet. Membuat bedda lotong cukup mudah yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan seperti beras hitam, temulawak, asam jawa dan air. Caranya, beras hitam disangrai sampai mengembang kemudian parut temulawak, campurkan dengan air dan asam jawa, lalu diaduk sampai merata. Diamkan 1 malan sampai mengendap. Bedda lotong pun siap digunakan sebagai lulur alami!

Nah, itulah tips-tips dari suku bugis dalam merawat kulit indahnya. Di tengah kemajuan dunia kosmetik saat ini, ngga ada salahnya jika kita sejenak kembali pada warisan leluhur. Apa budaya merawat kecantikan dari suku mu? Yuk, share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *