Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat PMS!

Halo Teman Sehat! Apa kamu sering mengalami PMS atau Premenstrual syndrom? Yap, gejala PMS yang dialami oleh perempuan bervariasi  sesuai dengan tingkatnya. Ada yang merasakan gejala PMS yang cukup parah sampai mengganggu kesehatan fisiknya dan ada juga yang sangat parah, sampai ngga bisa masuk ke sekolah atau ke kantor selama beberapa hari. Nah, supaya kamu bisa mengurangi rasa sakit saat PMS, yuk simak tipsnya!

Apa aja sih gejala PMS?

Premenstrual syndrom (PMS) merupakan gejala fisik, psikologis dan emosi yang  berhubungan dengan siklus mesntruasi perempuan. Gejala ini, biasanya muncul 6-10 hari sebelum mentruasi dan menghilang saat menstruasi dimulai.

Gejala PMS ditandai dengan perubahan suasana hati yang cepat seperti, depresi, kemarahan, mudah menangis, kecemasan, ketegangan, konsentrasi berkurang, gelisah dan perubahan emosional. Selain itu, juga ditandai dari gejala fisik seperti,  ketidaknyamanan pada payudara, nyeri perut, sakit kepala, kembung, kelelahan, insomnia dan sebagainya.

Ternyata ini penyebab PMS

Teman Sehat, ternyata ada beberapa penyebab PMS loh seperti, perubahan hormonal yang terjadi sebelum menstruasi, mengabaikan aktivitas fisik dan asupan beberapa zat gizi. Salah satu tips supaya bisa mengurangi gejala PMS, kamu bisa meningkatkan asupan zat gizi yang dibutuhkan saat PMS. Apa aja sih zat gizi yang dibutuhkan? Let’s check it out!

1. Kalsium

Kalsium berpengaruh pada gangguan mood dan perilaku yang berlangsung selama PMS loh, Teman Sehat! Asupan kalsium yang meningkat, secara umum akan mengurangi nyeri selama fase menstruasi dan mengurangi tekanan air selama fase pre-menstruasi. Zat gizi kalsium bisa kamu peroleh dari konsumsi susu sapi, susu kedelai, brokoli, kol, bayam, ikan sardin, ikan teri, salmon, tahu, keju, es krim dan yogurt.

2. Magnesium

Teman Sehat, zat gizi magnesium bisa jadi kurang populer kebutuhannya. Tapi ,jangan salah loh! Ternyata keberadaan magnesium yang cukup sebelum memasuki masa menstruasi sampai saat darah menstruasi keluar bisa mengurangi gejala PMS. Kamu bisa mendapatkan sumber zat gizi magnesium dari konsumsi sayuran hijau sepeperti bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, alpukat, pisang, yogurt dan produk hewani.

3. Vitamin B

Vitamin B yang disarankan buat mengurangi rasa sakit saat PMS adalah vitamin B6. Kenapa? Karena vitamin B6 bisa membantu meringankan rasa depresi dan gelisah yang kamu rasakan saat PMS. Vitamin B6 dalam makanan bisa kamu peroleh dari  konsumsi sereal, sayuran (wortel, bayam, kacang polong), telur dan daging ya, Teman Sehat!

Selain itu, buat mengurangi gejala PMS, kamu bisa mulai teratur berolahraga. Olahraga bisa meningkatkan hormon endorphin, menurunkan hormon estrogen, meningkatkan transportasi oksigen ke dalam otot, dan meningkatkan keadaan psikologis. Semakin teratur kamu berolahraga, maka tingkat keparahan gejala PMS akan berkurang. Yuk, mulai hidup sehat dan amati asupan yang kamu makan, agar kebutuhan zat gizi dan energi tetap terpenuhi!

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, S.Tp

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *