Tomat untuk Mengecilkan Pori-Pori? Kenapa Ngga!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu sering bermasalah dengan kesehatan kulit wajah?Selain kulit yang berminyak atau kering, pori-pori kulit yang besar juga menjadi salah masalah yang bikin banyak orang ngga pede. Pori-pori wajah yang besar membuat kulit terlihat jadi lebih tua. Nah, gimana sih cara tepat mengatasinya?

Salah satu bahan yang bisa mengecilkan pori-pori adalah tomat. Kokbisa? Yuk, simak penjelasan berikut!

Kenapa tomat bisa mengecilkan pori-pori?

Tomat kaya akan antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Zat yang bernama likopen memiliki kemampuan dalam melakukan hal tersebut. Selain itu, buah ini juga kaya serat, vitamin C, E, B6, B1, B3 dan B2 dan mengandung zat besi dan potasium. Tomat secara alami memiliki pH asam yang bisa membantu menjaga kulit terbebas dari minyak dan munculnya jerawat.

Buah merah dan lezat ini juga bisa berfungsi sebagai pelembab serta membuat kulit jadi lembut dan halus. Karena sifat asamnya yang alami, tomat membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan menghilangkan minyak yang berlebihan. Tomat juga memiliki elemen pendingin untuk menenangkan kulit. Terlebih, tomat juga kaya akan phytochemical yang membantu mencegah penyakit dan menghilangkan racun dari tubuh kita.

Cara membuat masker tomat

Bikin masker tomat gampang banget loh Teman Sehat! Bahannya cukup mudah didapat dan alat yang dibutukkan cuma blender, wadah untuk masker, sendok, dan kuas.

Bahan:

1 buah tomat matang
1 sendok teh air lemon
1 sendok teh oatmeal

Langkah-langkah:

Hancurkan tomat matang di dalam mangkuk. Gunakan sendok untuk mempermudah proses penghancuran.

Masukan semua bahan. Tomat yang sudah dihaluskan tadi, air lemon dan oatmeal dalam blender, lalu haluskan.

Oleskan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

Bilas dengan air hangat lalu keringkan.

Khasiat lain tomat buat kesehatan kulit wajah

Selain untuk mengecilkan pori-pori, keasaman dalam tomat bisa membantu mengurangi dan membersihkan jerawat. Vitamin A dan vitamin C biasanya ditemukan di banyak obat jerawat dan tomat kaya akan vitamin-vitamin tersebut. Kalau Teman Sehat punya jerawat ringan, potong setengah tomat dan oleskan bagian dalam pada wajah. Untuk jerawat yang parah, hancurkan tomat segar dan gunakan ampasnya untuk masker wajah selama satu jam. Selamat mencoba ya!

Nah, itu lah khasiat buah tomat untuk kecantikan kulit. Mudah bukan? Yuk, di coba dan di share hasilnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *