Turunkan Berat Badan dengan 5 Olahraga Praktis di Rumah

Halo teman sehat! Bagaimana kabar timbanganmu? Masalah berat badan adalah sesuatu yang sangat sensitif terlebih saat seseorang mulai menyadari kalau berat badannya udah kelebihan. Nah, artikel kali ini akan memberikan tips menjaga berat badan dengan olahraga praktis dan menyenangkan.

Olahraga merupakan cara yang terbaik buat menurunkan berat badan. Jika Teman Sehat ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan, maka Teman Sehat bisa kehilangan massa otot dan lemak tubuh yang mempunyai peran vital. Tapi, jika Teman Sehat berolahraga, maka yang akan dibakar adalah lemak tubuh terlebih juga bisa membentuk otot.

Tapi, kebanyakan orang ngga bisa berolahraga rutin karena kesibukan sehari-hari. Banyak orang berfikir olahraga memerlukan waktu yang banyak dan dilakukan diluar rumah. Malas untuk keluar rumah sering menjadi alasan mengapa orang ngga berolahrga. Kamu kah salah satunya?

Tapi, tahukah teman sehat? Ada olahraga yang bisa menurunkan berat badan dan praktis untuk dilakukan di rumah, yaitu olahraga kardio.

Olahraga kardio atau aereboik merupakan salah satu jenis olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Olahraga kardio juga sangat efektif untuk membakar lemak khususnya lemak pada bagian perut yang berbahaya dalam meningkatkan resiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Nah, Jika teman sehat berniat untuk menurunkan berat badan, inilah beberapa jenis gerakan yang bisa dilakukan di rumah.

1. Jumping jacks

Gerakan ini bisa dilakukan dimana saja karena ngga membutuhkan tempat yang luas, hanya  dengan membentangkan tangan kemudian lompat sambil menepuk tangan dan membuka kaki. Gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang ya! Dijamin bisa membakar lemak di daerah kaki dan tangan.

2. Squat

Gerakan ini dilakukan untuk memperkokoh kekuatan paha dan punggung. Caranya mudah, berdiri tegap dengan mengangkat tangan ke atas kemudian menurunkan badan seperti posisi jongkok seperti gambar dibawah ini.

3. Sit up (Crunches)

Gerakan ini efektif untuk membakar lemak terutama pada area perut. Gerakannya pun mudah untuk dilakukan yaitu dengan posisi terlentang dengan kaki sedikit di tekuk lalu angkat badan, kepala dan pinggang seperti posisi duduk kemudian kembali ke posisi berbaring

4. Lari di tempat

Ini simpel banget ya, Teman Sehat! Berdiri dengan pinggul selebar dan berjalan di tempat dengan menarik lutut kanan ke arah dada, lalu lutut kiri ke arah dada. Terus bergantian secepat mungkin hingga seperti posisi berlari.

5. Lunges

Gerakan ini dilakukan dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri yang dijatuhkan lebih rendah, dan kaki kanan menekuk kedua lutut ke 90 derajat. Lakukan secara berulang dan berkebalikan untuk membantu menguatkan otot kaki dan membakar lemak di area ini.

Simpel kan Teman Sehat? Bagi kamu yang ingin menurunkan  berat badan dan membakar lemak tapi ngga punya cukup waktu buat berolahraga keluar rumah, tentunya gerakan-gerakan ini  bisa jadi pilihan yang tepat. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

 

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *