Vegan juga Harus Punya Tulang yang Kuat! Ini Tipsnya!

Halo Teman Sehat! Kamu udah tau kan kalau tulang yang kuat bisa dipenuhi dengan mengonsumsi pangan sumber hewani seperti susu, keju, ikan. Sementara, buat mereka yang vegetarian, ada yang masih mengonsumsi pangan hewani tapi ada juga yang sama sekali ngga makan pangan hewani, atau yang disebut juga vegan. Lalu, buat mereka yang vegan, adakah caranya supaya tulang tetap kuat, Teman Sehat? Yuk, simak tipsnya!

Sebuah publikasi dari Oxford Health NHS Foundation pernah menyebutkan studi yang mengungkap kalau dewasa vegan cenderung berisiko mengalami keretakan tulang daripada dewasa vegetarian yang masih mengonsumsi pangan hewani, Teman Sehat! Hal ini menurut studi disebabkan oleh rendahnya asupan kalsium yang rendah.

Baca juga: Sebelum terlambat, jaga kesehatan tulang dengan 4 hal ini!

Sebenarnya, seberapa banyak kalsium yang kita butuhkan?

Yap, kebutuhan kalsium per individu memang berbeda-beda. Namun, secara umum, Angka Kecukupan Kalsium masyarakat Indonesia laki-laki dewasa muda (19-29 tahun) dan perempuan dewasa muda (19-29 tahun) adalah 1100 mg/hari, Teman Sehat!

Lalu, apa yang bisa vegan lakukan agar kalsium tercukupi?

Pemilihan pangan nabati yang tepat tinggi kalsium harus diketahui buat para vegan. Pangan non hewani tinggi kalsium yakni sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, serta bahan pangan lain seperti tofu, kacang-kacangan. Selain itu, para vegan juga bisa mengonsumsi pangan yang udah difortifikasi dengan kalsium, seperti jus buah, sereal, protein bars dan susu yang terbuat dari kacang kedelai, almond, beras, dan hempseeds.

Baca juga: Mengenal “susu” bahan nabati

Pada sayuran hijau, ada oksalat yang bisa menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga pangan ini bukan jadi pilihan yang paling tepat buat memenuhi asupan kalsium, Teman Sehat! Berbeda dengan sayuran hijau, kelompok tanaman brassica seperti kale, kembang kol, dan brokoli begitu kaya kalsium namun lebih mudah diserap oleh tubuh.

Kalsium yang diperoleh dari non-dairy milk seperti susu kedelai, susu almond, beras, dan hempseeds juga cukup baik diserap oleh tubuh. Sebelum mengonsumsinya, kocok dulu susu tersebut karena seringkali kalsium mengendap di bagian bawah kemasan.

Contoh menu makan yang simple yakni stir fried sayuran isi tofu, pakcoy, brokoli, wortel dan bawang putih, disajikan dengan nasi merah dan potongan buah sebagai pencuci mulut.

Mudah kan Teman Sehat? Yuk, terapakan dan sebarkan informasi baik ini kepada orang-orang yang kamu sayangi!

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts