Vitamin H: Apa Ada? Cari Tau Di Sini!

Halo Teman Sehat! Kamu pasti udah sering mendengar vitamin A, B, C, D, E, dan K bukan? Bagaimana dengan Vitamin H? Loh, memangnya ada? Lalu, apa fungsinya buat tubuh kita ya, Teman Sehat? Yuk, cari tau di sini!

Teman Sehat, vitamin H memang ada, loh. Sebenarnya, vitamin H itu salah satu bagian dari vitamin B kompleks. Vitamin H dikenal juga dengan nama vitamin B7 atau Biotin, Teman Sehat. Biotin memang sering banget muncul di berbagai yang biasanya mengklaim bisa mempercantik rambut, memperkuat kuku, hingga mempercantik kulit. Wah, betul ngga ya, Teman Sehat?

Inilah manfaat vitamin H bagi manusia!

Yap, biotin memang mempengaruhi kelebatan rambut dan kesehatan kuku. Tapi, jangan lupa ya Teman Sehat, pemenuhan biotin juga butuh zink dan protein agar ambut kamu makin kuat dan cantik. Jadi, dalam hal ini, biotin bukan satu-satunya faktor penentu indahnya rambut dan kuku kita, ya, Teman Sehat!

Manfaat biotin bukan hanya itu, loh, Teman Sehat. Biotin juga bermanfaat buat membantu metabolisme karbohidrat. Penelitian oleh Perry et al. 2012, juga membuktikan bahwa biotin penting buat pertumbuhan janin dalam kandungan. Biotin sendiri sebenarnya dapat diproduksi oleh tubuh dengan bantuan bakteri baik usus, Teman Sehat! Tapi, bukan berarti kita ngga mungkin mengalami kekurangan vitamin ini, loh.

Biotin ternyata bisa bergabung dengan protein yang ada di putih telur (mentah), bernama avidin. Penggabungan dua zat ini bisa mengakibatkan biotin ngga bisa dimanfaatkan tubuh. Ya, walaupun kekurangan biotin akibat avidin ini terjadi kalau putih telur tadi dikonsumsi sebanyak lebih dari 20 butir. Avidin bisa hilang akibat pemanasan/pemasakan. Jadi, solusi buat menghindari penghambatan biotin adalah memasak putih telur sebelum dikonsumsi, ya Teman Sehat!

Lalu, apa yang terjadi kalau tubuh kita kekurangan vitamin H?

Kekurangan vitamin H bisa menyebabkan dermatitis, Teman Sehat. Menurut penelitian yang dilakukan Prof. Toshiaki Watanabe dari Himeji Institute of Technology, hal ini terjadi karena proses pembuatan kolagen yakni zat yang membuat kulit elastis, mengalami gangguan. Dermatitis ditandai dengan kulit yang kering, bersisik, dan berwarna keabu-abuan. Bahkan, bisa sampai nyeri otot dan mual-mual, loh.

Dari mana saja vitamin H bisa diperoleh?

Yap, biotin bisa kita dapatkan dari berbagai bahan pangan, Teman Sehat! Vitamin H bisa kita dapatkan dari kedelai, udang, ayam, hingga pisang atau alpukat. Meski putih telur mentah bisa menghambat pemanfaatan biotin, kuning telur matang ternyata mengandung biotin juga loh, Teman Sehat!

Nah, udah tau kan Teman Sehat apa itu vitamin H? Yuk, penuhi vitamin ini agar tubuh kamu makin oke, Teman Sehat!

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *