Waspada Berat Badan Naik Drastis Saat Liburan!

Halo Teman Sehat! Apasih yang sering kamu khawatirkan saat masa liburan, mungkin salah satunya berat badan naik drastis. Saat liburan kita perlu mengantisipasi tidak hanya untuk  mempersiapkan liburan yang menyenangkan bersama keluarga dan orang tercinta, namun juga bagaimana mengatur pola makan saat liburan agar tidak menyesal nantinya saat liburan selesai berat badan naik drastis.

Dalam New England Journal of Medicine disebutkan bahwa rata-rata orang Amerika mengalami kenaikan berat badan rata-rata 5 pounds (2,27 kg) saat periode liburan thanksgiving dan tahun baru (Yanovski, 2015). Artikel lain juga menyebutkan bahwa liburan natal di Jerman dan golden week di Jepang mengakibatkan kenaikan berat badan yang signifikan pada orang Jerman dan Jepang, hal ini pun terjadi serupa dengan negara-negara lainnya (Helander, 2016). Ini menjadi peringatan bagi kita menjelang akhir tahun, akan ada banyak godaan makanan dan pesta, padahal sebelumnya sudah capek-capek menurunkan berat badan setengah mati.

Nah berikut ini tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya berat badan naik drastis saat liburan, let’s check this out!

1. Tetap lakukan aktivitas fisik saat liburan

Walaupun dalam keadaan liburan, kita tetap harus menjaga kebugaran tubuh ya Teman Sehat, seperti berlari, bersepeda, aerobik, atau mengelilingi tempat wisata dengan berjalan kaki juga dapat menjadi alternatif yang pas untuk membakar kalori saat liburan.

2. Perhatikan porsi makan kita

Mentang-mentang liburan jadi bisa makan seenaknya? Ini perlu diwaspadai Teman Sehat, kita harus tetap mengontrol makanan yang kita konsumsi tidak hanya dari jumlahnya, namun juga jenisnya. Selain itu jangan pernah tinggalkan makan buah dan sayuran saat liburan ya

3. Minum dengan gelas yang lebih besar

Maksudnya Teman Sehat dapat minum lebih banyak dari biasanya, yang pastinya minum air putih yang bersih dan segar ya, sediakan botol minum yang besar saat liburan, selain mencegah dehidrasi, hal ini juga dapat mengontrol kita untuk tidak banyak makan apalagi makanan yang banyak mengandung gula dan kalori berlebih

4. Buatlah planning daftar makanan

Berkunjung ke suatu tempat pasti akan nikmat untuk menyantap kuliner khas dari daerah tersebut, namun kita tetap harus membatasi ya Teman Sehat, jika daftar makanan yang kita buat jenisnya banyak, berarti kita harus makan dengan porsi sedikit, sebaliknya jika daftar makanannya sedikit, bisa dikonsumsi dengan porsi normal, yang penting tidak melebihi jumlah kalori makanan kita pada hari-hari biasa

Yuk, kita aplikasikan beberapa tips mudah tadi saat liburan ya Teman Sehat! Bagikan tips ini pada keluarga dan sahabatmu agar berat badan mereka ngga naik drastis saat liburan nanti.

 

Editor & Proofreader: Asiyah Mutmainnah S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *