Yuk, Buat Masker Wajah Alami bersama Si Kecil di Rumah!

Halo Teman Sehat! Apa sih yang biasanya kamu lakukan buat menghabiskan waktu bersama si kecil? Pasti ngga jauh-jauh dari nontonTV atau main gawai! Nah, ada satu tips nih yang bisa kamu lakukan, selain menyenangkan, juga bisa loh bikin kamu makin cantik. Yap! Mungkin membuat masker wajah bersama dan memakainya sambil bersantai merupakan hal yang patut dicoba.

Mau tahu racikan populer masker wajah alami untuk anak dan sederet manfaat lainnya? Yuk simak artikelnya!

4 bahan alami yang sering dijadikan masker wajah

Sebenarnya, tujuan dari penggunaan masker ke wajah adalah untuk melembabkan, membersihkan dan merawat kulit. Masker alami tentu saja boleh dipakai oleh anak-anak mulai usia balita, namun pemilihan bahan harus teliti karena tipe kulit anak berbeda-beda. Berikut bahan yang sering digunakan untuk masker:

  • Mentimun

Mentimun mempunyai efek menyegarkan dan mendinginkan wajah. Selain bisa diiris tipis dan diletakkan di mata, mentimun juga bisa dihaluskan dan dijadikan masker ke seluruh wajah dan leher. Jangan kawatir, mentimun cocok untuk semua jenis kulit.

  • Yogurt

Fermentasi susu yang biasa dikonsumsi ini, ternyata juga bisa dijadikan masker wajah. Yogurt praktis banget buat digunakan tanpa harus diolah. Cukup pilihlah yogurt dengan rasa tawar atau plain kemudian aplikasikan ke wajah. Gampang kan?

Pilihlah madu asli untuk digunakan. Selain mempunyai efek melembabkan, ternyata madu juga bisa berperan sebagai antibakterial sehingga mencegah jerawat loh!

  • Alpukat

Alpukat mengandung minyak yang bisa melembabkan kulit. Buah ini cocok untuk masker kulit kering dan kasar. Sembari mengolah masker, ngga ada salahnya membuat jus alpukat untuk dinikmati ketika memakai masker nanti.

Manfaat psikologis membuat masker bersama anak

Ternyata, menghabiskan waktu bersama si kecil mempunyai manfaat yang besar dari sisi psikologis. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Anak merasa penting dan dicintai

Dengan cara melibatkan anak dalam aktivitas orang tua, anak akan merasakan kehangatan hubungan dan merasa dicintai. Bayangkan jika orang tua sibuk sendiri dan tidak melibatkan anaknya, mungkin si anak akan merasa rendah diri dan terabaikan.

  • Anak belajar mengenai sebuah proses

Dalam pembuatan masker, tentu membutuhkan sebuah proses. Dengan melibatkan si kecil, secara ngga langsung dia akan mengerti bahwa sesuatu membutuhkan proses dan tidak serta merta tersedia.  Menghargai proses juga perlu diajarkan sejak dini, bukan?

  • Memperkuat ikatan hubungan orang tua dan anak

Melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama, tentu bisa memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. Anak akan lebih tabah dan kuat karena merasa ada orang tua yang selalu mendukungnya. Selain itu, anak akan merasa aman karena bersama orang tuanya. Tentunya, perasaan ini sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang psikologis anak.

Ternyata selain merawat kulit, membuat masker bersama mempunyai manfaat psikologis tersendiri ya. Namun hal teknis yang harus diingat adalah, jangan mengaplikasikan masker ke mata dan sekitarnya. Pastikan kegiatan menyenangkan dan berharga ini, menjadi kegiatan yang aman bagi anak. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *