Yuk, Cari Tahu Kondisi Kesehatan dari Warna Kukumu!

Halo Teman Sehat! Kamu tau ngga kalau ternyata kuku bisa jadi gambaran kondisi kesehatanmu? Yap, sejak beberapa abad sebelum masehi, kuku sudah diketahui bisa menjadi indikator kesehatan seseorang loh. Lalu, gimana cara mengetahui gambaran kondisi kesehatan dari warna kuku? Yuk, simak!

Teman Sehat, ternyata, pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh beberapa faktor ini!

  • Status gizi
  • Stres
  • Penyakit atau trauma
  • Usia
  • Kebiasaan memotong kuku atau menggigiti kuku

Secara normal, kuku yang sehat akan berwarna merah muda dan kuku juga jadi cerminan kondisi kesehatan 6 bulan terakhir. Buat orang yang udah usia lanjut, kuku yang kering, rapuh, kaku adalah wajar karena pada saat usia lanjut, kelembapan tubuh mulai menurun. Selain itu, penggunaan obat dan terapi yang dijalani juga jadi faktor penyebabnya.

Walaupun ngga semua perubahan warna, tekstur atau bentuk dari kuku bisa jadi tanda kesehatan yang akurat, kamu perlu waspada atau peduli dengan perubahan itu supaya kondisi tubuh kamu makin terawat ya, Teman Sehat!

Inilah perubahan warna kuku yang perlu kamu waspadai!

Biru Keunguan

Teman Sehat tau ngga kalau kuku yang biru itu bisa menandakan adanya penyempitan pembuluh darah akibat kedinginan. Selain itu, kuku biru juga bisa jadi tanda adanya gejala anemia zat besi loh. Nah, buat kamu yang punya warna kuku seperti ini, yuk coba tingkatkan asupan zat besi kamu dari sayuran hijau, lauk hewani atau kacang-kacangan, Teman Sehat!

Hijau

Warna kuku kehijauan bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya, alergi zat pembersih, infeksi bakteri dan jamur, atau emfisema (kerusakaan jaringan paru-paru). Tapi, buat kamu yang punya kuku berwarna ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya, Teman Sehat!

Kuning

Perubahan warna kuku menjadi berwarna kekuningan bisa menjadi tanda adanya hipoalbuminemia (kekurangan albumin darah), gangguan fungsi hati, komplikasi diabetes mellitus. Selain itu, kuningnya warna kuku juga bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur, peradangan sendi, atau akibat terapi obat tetracycline. Perokok berat juga biasanya memiliki kuku yang kuning akibat pengaruh nikotin yang masuk ke dalam tubuh.

 Coklat/Coklat Keabuan

Penyakit sistemik seperti anemia, defisiensi vitamin B-12, infeksi bakteri, penyakit ginjal kronis, masalah kelenjar adrenal, gangguan fungsi hati, melanoma atau kontaminasi logam bisa ditandai dengan warna kuku yang menjadi coklat keabuan, Teman Sehat! Selain itu, penyakit diabetes, kardiovaskular (jantung) atau sifilis juga terkait dengan perubahan warna kuku jadi coklat atau coklat keabuan, Teman Sehat!

Nah, itulah tadi beberapa warna kuku yang ngga wajar, Teman Sehat. Buat kamu yang punya warna salah satu dari di atas, yuk segera konsultasikan dengan dokter serta tetap makan makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, konsumsi sayur dan buah dan cukup minum air putih ya Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *