Yuk, Jaga Kesehatan dan Keindahan Mata Anak dengan Ini!

Halo Teman Sehat! Kita semua pasti setuju kalau mata merupakan alat indera yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Ironisnya, gangguan mata seperti rabun jauh (miopi) meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Gangguan mata juga banyak menimpa anak-anak loh! Setiap tahun, anak-anak akan bertumbuh dan mengalami perkembangan fisik. Keterlibatan anak dalam aktivitas membaca, menulis atau menggunakan komputer semakin intensif seiring dengan proses pembelajarannya.

Nah, untuk mencegah agar kesehatan mata anak tetap terjaga hingga anak beranjak remaja dan dewasa, yuk simak tips berikut ini!

1. Ajak anak bermain di luar ruangan

Yap, mengajak anak untuk menghabiskan waktu di luar ruangan menjadi langkah simpel yang bermanfaat buat kesehatan matanya. Menurut studi yang diungkapkan oleh AAO, penambahan waktu 1 jam di luar ruangan per minggu bisa menurunkan risiko rabun jauh sekitar 2%. Penelitian lain mengungkapkan kalau anak yang mengalami rabun jauh ternyata menghabiskan waktu di luar ruangan 3.7 jam lebih sedikit daripada anak yang memiliki mata normal.

Kegiatan outdoors seperti berolahraga ternyata mampu melatih kemampuan penglihatan anak. Tapi, kegiatan di luar ruangan juga harus memperhatikan waktu mengingat pada waktu tertentu, ada paparan sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit. Sebaiknya, sebelum melakukan aktivitas, kita menggunakan UV-sunglasses agar ngga langsung terpapar sinar UV.

2. Konsumsi makanan bergizi

Beberapa zat gizi tertentu bisa membantu mempertahankan kesehatan mata Teman Sehat.

  • Lutein

Lutein mampu mencegah penyakit mata kronis dan banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau dan telur.

  • Vitamin C

Ya, vitamin C banyak mengandung antioksidan yang mampu menjaga kualitas mata anak.  Vitamin C banyak terdapat pada buah dan sayur. So, timbulkan kecintaan anak pada sayur dan buah ya Teman Sehat!

  • Vitamin E

Ternyata, vitamin E juga menjadi antioksidan yang kuat untuk menjaga mata dari radikal bebas. Vitamin E banyak ditemukan pada kacang-kacangan, sereal fortifikasi dan ubi.

  • Asam Lemak Esensial

The American Optometric Association mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 menjadi zat gizi yang penting dalam perkembangan visual dan fungsi retina. Asam lemak omega-3 banyak terdapat pada ikan-ikanan, terutama ikan laut dalam.

  • Zink

Zink menjadi mineral yang berperan penting dalam transportasi vitamin A dari hati menuju retina dan menghasilkan melanin, yaitu pigmen protektif di mata. Zink banyak terdapat pada makanan laut seperti kerang dan udang.

3. Mengistirahatkan mata dari gadget

Tren penggunaan gadget semakin meningkat, termasuk dikalangan anak-anak. Selain kebiasaan menonton TV dan bermain komputer, kids jaman now memiliki kebiasaan menghabiskan waktu dengan gadget. Penting buat para orang tua untuk memberikan pemahaman bagi anaknya bahwa penggunaan gadget berlebihan bisa mengganggu kesehatan mata. Nah, mengistirahatkan mata anak dari gadget dan menggantinya dengan aktivitas fisik atau sosial adalah pilihan yang cerdas.

Mata adalah jendela dunia. Rasanya ungkapan tersebut ngga berlebihan, karena mata memang merupakan salah satu anugerah luar biasa sang pencipta buat kita. Jadi, menjaga kesehatan mata adalah tanggung jawab setiap orang. Terlebih bagi anak-anak, menjaga kesehatan mata merupakan salah satu aset terbaik di masa depannya. Yuk, jaga mata indahmu!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts