Yuk, Kenalan Sama Olahraga Anggar!

Teman Sehat, kamu tau ngga olahraga anggar? Yap, anggar merupakan salah satu cabang olahraga yang diperlombakan di Olimpiade. Biasanya untuk menentukan pemenang dalam olahraga ini, dilihat atlet mana yang mencapai garis akhir paling cepat, jarak paling jauh, dan lainnya. Ternyata, buat memenangkan olahraga ini cuma butuh hitungan detik, loh! Sebenarnya anggar itu olahraga kaya gimana sih? Terus, apa aja ya manfaatnya bagi kesehatan? Yuk simak penjelasannya di sini!

Asal-usul olahraga anggar

Sumber : wikipedia.com

Permainan anggar, merupakan permainan pedang yang telah dilakukan berabad-abad lamanya. Olahraga ini, berawal dari praktik duel dan latihan militer dengan gerakan dasar yang diadopsi dari strategi militer dan berburu, seperti memotong, melibas, dan menusuk. Lalu, pada abad ke-14 atau ke-15 olahraga ini menjadi sebuah cabang olahraga olimpiade yang dilombakan. Organisasi anggar pertama yang tercatat berasal dari Jerman pada tahun 1478.

Berdasarkan jenis pedangnya, olahraga ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu, foil, épée, dan saber.

Foil

Sumber : hindustantimes.com

Foil merupakan pedang yang udah dipakai dari abad ke-17. Cirinya memiliki panjang sekitar 89 cm, kelenturannya fleksibel dan beratnya paling ringan dari dua jenis pedang lainnya. Perlombaan anggar yang menggunakan foil, cara menentukan poinnya yaitu dengan menyentuh target menggunakan ujung pedang. Area yang menjadi target adalah torso, yaitu area dari bahu hingga selangkangan di bagian depan dan punggung di bagian belakang.

Épée

Sumber : wikipedia.com

Épée merupakan pedang terberat dan kaku di antara dua pedang lainnya. Target dari pedang ini adalah menyentuh seluruh anggota tubuh lawan dengan ujung pedang. Olahraga ini mirip dengan duel yang sebenarnya, Teman Sehat. Sehingga membuat permainan menjadi kompetisi yang penuh dengan strategi dan kesabaran.

Saber

Sumber : businness.com

Saber memiliki berat dan panjang yang sama dengan foil. Bedanya, penggunaan pedang ini ngga cuma buat menusuk aja, tapi juga memotong. Poin dihasilkan jika ujung dan sisi pedang mengenai target. Targetnya, yaitu pinggang hingga kepala dan bagian belakang tubuh. Bila épée menjadi permainan strategi bertahan dan kesabaran, saber kebalikannya. Peraturan right-of-way menjadi strategi favorit dalam permainan saber, yaitu menyela (parry) dan menyerang (riposte).

Yuk, olahraga anggar

Nah, setelah kamu tau apa aja jenis olahraga anggar, kamu harus melengkapi tubuh kamu dengan alat pelindung, seperti penutup kepala dan tubuh. Kedua alat ini akan terhubung dengan lampu yang akan menyala, jika pedang mengenai target. Selain itu, area yang digunakan untuk olahraga ini, panjangnya 14 meter dengan lebar 2 meter yang dilengkapi dengan lampu agar memudahkan penilaian.

Sehat dengan anggar

Olahraga anggar bisa meningkatkan kesehatan baik secara fisik maupun mental. Setiap gerakannya, melibatkan seluruh anggota tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Olahraga ini bisa menciptakan kebugaran, ketangkasan, kecepatan, kekuatan, koordinasi, keseimbangan, dan ketepatan gerakan tubuh yang baik untuk  mengasah kemampuan fisik. Selain itu, dengan melibatkan strategi, taktik, dan kontrol psikologis pada olahraga ini, bisa mengasah kemampuan mental kamu, loh.

Nah, gimana Teman Sehat? Kamu tertarik ngga dengan olahraga ini? Bisa jadi kamu mewakili Indonesia untuk perlombaan olimpiade cabang anggar, loh! Apa pun jenis olahraga yang kamu pilih, yang penting kamu harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran ya!

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, S.TP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *