Yuk, kenali 4 penyakit kulit ini!

Halo Teman Sehat! Siapa yang ngga pernah berkeringat? Pasti hampir seluruh orang di dunia ini berkeringat. Tahukah Teman Sehat kalau keringat merupakan salah satu fungsi fisiologis tubuh dalam mengatur suhu? Keringat merupakan salah satu kelenjar pada kulit manusia yang berperan penting untuk kesehatan tubuh.

Begitu banyak fungsi kulit bagi manusia, itu sebabnya kulit yang utuh dan sehat merupakan benteng utama agar bibit penyakit ngga bisa nmasuk. Nah, penasaran penyakit apa aja yang dapat menyerang kulit kita. Yuk simak!

1. Bau badan

Bau badan disebabkan oleh bakteri yang aktif di kelenjar keringat yang mengering di kulit dalam waktu beberapa jam lamanya. Hal ini disebabkan karena adanya kelenjar apokrin dalam tubuh yang mengeluarkan protein dan lemak sehingga berperan besar buat menimbulkan bau badan. Nah, jika bau badan mulai menyerang Teman Sehat bisa lakukan hal-hal ini:

  • Jangan lupa mandi teratur, terutama setelah mengeluarkan banyak keringat
  • Gunakan sabun mandi yang mengandung antiseptik atau bahan yang bisa membantu menghilangkan bakteri
  • Jika memungkinkan, hindari pengeluaran keringat yang berlebih dengan cara memasang kipas angin atau AC dalam ruangan
  • Jangan biarkan keringat mengering dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama
  • Bila musim kemarau kenakan pakaian yang nyaman, hindari pakaian yang terbuat dari bahan nilon karena bisa menangkap panas dan lembab
  • Jika, Teman Sehat udah mencoba semua tips di atas tapi si BB masih ngga mau hilang, kamu bisa konsultasikan ke dokter ya guys!

2. Biang keringat

Perlu Teman Sehat ketahui kalau biang keringat bukanlah penyakit, hal ini hanya terjadi pada kondisi cuaca tertentu yaitu cuaca panas dan lembab. Biang keringat menimbulkan bintil-bintil halus kemerahan, terutama pada lipatan tubuh seperti leher, lipat siku, lipatan paha, lipatan lutut, di bawah payudara (pada wanita). Ingat ya jika biang keringat menyerang jangan digaruk bila terasa gatal, cukup berikan bedak saja.

3. Jerawat

Jerawat yang timbul di daerah wajah seringkali mengusik penampilan dan menurukan rasa percaya diri seseorang. Jerawat biasanya disebabkan oleh meradangnya jaringan minyak yang terdapat pada wajah, jaringan tersebut juga terdapat pada kulit kepala, leher, dada, dan punggung. Jerawat biasanya berupa benjolan kecil atau besar kemerahan pada kulit. Menjaga kebersihan wajah dengan cara mencuci dengan sabun atau pembersih sesuai kulit bisa mencegah munculnya jerawat loh!  Hindari stress dan selalu cuci tangan sebelum membersihkan wajah juga ya, Teman Sehat!

4. Panu

Panu ditandai dengan adanya bercak putih pada kulit yang tersebar di mana saja misalnya leher, wajah, bahu, lengan, dan sering mengusik penampilan. Cara pencegahannya hindari bertukar atau meminjam pakaian orang lain. Nah, [enyakit yang satu ini harus segera ditangani dengan penggunaan salep atau obat karena penyebarannya yang sangat cepat.

Ngga cuma 4 hal di atas ya Teman Sehat! Masih banyak lagi masalah yang bisa muncul kalau kamu ngga menjaga kebersihan kulit dengan baik. Yuk, absen siapa yang masih malas mandi!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *